nusabali

Jelang Hadapi Prancis, Jerman Pecat Pelatih

  • www.nusabali.com-jelang-hadapi-prancis-jerman-pecat-pelatih

BERLIN, NusaBali - Jerman akan menjamu Prancis dalam laga persahabatan internasional, di Signal Iduna Park, Dortmund, Rabu (13/9) dinihari, pukul 03:00 WITA.

Dua hari menjelang laga tersebut, Federasi Sepakbola Jerman (DFB) memecat pelatih Hansi Flick, dan menunjuk Rudi Voller sebagai caretaker.  Keputusan tersebut berarti hanya sembilan bulan sebelum Jerman jadi tuan rumah Piala Eropa 2024. 

Jelang laga tersebut, performa kedua tim ini bagai bumi-langit, dan sangat kontras. Jerman beberapa kali kalah, dan Prancis masih tak tertandingi di Kualifikasi Euro 2024. Usai tersungkur di fase grup Piala Dunia 2022, Jerman mempersiapkan diri untuk Euro 2024. 

Jerman tidak bermain di kualifikasi karena lolos sebagai tuan rumah. Namun, performa mereka tidak meyakinkan. Setelah menang 2-0 atas Peru, Jerman melalui lima laga ujicoba berikutnya tanpa satu pun kemenangan. Jerman kalah 2-3 dari Belgia, imbang 3-3 dengan Ukraina, kalah 0-1 dari Polandia, kalah 0-2 dari Kolombia, dan terakhir diremukkan Jepang 1-4.

Prancis melalui lima laga di Grup B Kualifikasi Euro 2024 dengan sempurna.Mereka mencetak total 11 gol dan belum sekali pun kebobolan. Terakhir, Kylian Mbappe dkk menang 2-0 saat menjamu Republik Irlandia. Mereka menang melalui gol Aurelien Tchouameni dan gol perdana Marcus Thuram.

Pemecatan Hansi Flick dilakukan setelah Jerman kalah memalukan 1-4 dari Jepang pada Sabtu. Flick pun jadi pelatih timnas Jerman pertama dan satu-satunya yang dipecat sejak posisi itu dibentuk pada 1926.

Direktur olahraga Rudi Voeller akan mengambil alih posisi itu untuk sementara. Voeller sebelumnya pernah melatih timnas Jerman pada 2002.

Ketua Umum DFB Bernd Neuendorf mengatakan pemecatan itu tidak dapat terhindarkan setelah serentetan hasil mengecewakan yang didapat timnas Jerman.

"Dengan pandangan tertuju ke Piala Eropa di negara kami sendiri, kami memerlukan semangat optimistis dan kepercayaan diri," kata Neuendorf.

Voeller dilaporkan tidak akan memimpin Jerman sampai Piala Eropa 2024. Julian Nagelsmann, yang sebelumnya menggantikan Flick sebagai pelatih Bayern Muenchen, disebut-sebut berpeluang mengisi posisi itu. Selain itu ada nama mantan pelatih Eintracht Frankfurt Oliver Glasner.

Selama ini, Jerman belum pernah melakukan perubahan drastis di posisi pelatih timnas. Sebelum Flick, belum pernah ada pelatih timnas Jerman yang dipecat.

Flick ditunjuk jadi pelatih timnas pada Mei 2021 setelah masa kerja 15 tahun Joachim Loew berakhir. Flick merupakan pelatih kepala ke-10 timnas Jerman sejak Perang Dunia II.

Kapten tim Jerman Iklay Gundogan menyebutkan rekan-rekannya mula hilang kepercayaan pada sosok Hansi Flick. Lebih lanjut, Gundogan menyebut atmosfer negatif di Timnas Jerman membuat tim kesulitan meraih hasil bagus. *

Prediksi Starting XI
Jerman (4-2-3-1): Ter Stegen; Henrichs, Sule, Rudiger, Gosens; Kimmich, Gross; Gundogan, Brandt, Muller; Gnabry. Pelatih: Rudi Voller (caretaker).
Prancis (4-3-3): Maignan; Pavard, Saliba, Disasi, T Hernandez; Camavinga, Tchouameni, Griezmann; Coman, Kolo Muani, Mbappe. Pelatih: Didier Deschamps.

Komentar