nusabali

Jonatan dan Shesar Duel di Perempatfinal China Open

  • www.nusabali.com-jonatan-dan-shesar-duel-di-perempatfinal-china-open

JAKARTA, NusaBali - Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie menyusul langkah Shesar Hiren Rhustavito melaju ke perempatfinal China Open 2023 di Changzhou, Kamis (7/9). Sayang, keduanya akan akan melakoni "perang saudara" di babak delapan besar tersebut.

Meski demikian, Jonatan yang jadi unggulan kelima, tetap mengambil sisi positif. Sebab, Indonesia memastikan satu tiket semifinal bagi tunggal putra Indonesia dalam turnamen kategori BWF Super 1000 tersebut.

"Besok lawan mas Vito, siapa saja yang menang tetap Indonesia," ungkap Jonatan melalui rilis resmi PP PBSI di Jakarta, Kamis.

Jonatan ke delapan besar berkat kemenangannya atas wakil Kanada Brian Yang di babak 16 besar, dengan skor 12-21, 21-15, 21-14. Kesulitan dirasakan Jonatan pada awal pertandingan, utamanya akibat kondisi teknis lapangan yang tidak menguntungkan strategi yang diusung dalam laga di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou itu.

"Di gim pertama sisi lapangan itu ternyata anginnya kencang dan shuttlecock saat posisinya enak untuk menyerang, malah tiba-tiba berhenti jadi pukulan saya banyak yang tidak pas," ungkap atlet asal klub PB Tangkas tersebut.

Akibat situasi tak terduga tersebut, Jonatan pun harus merelakan keunggulan gim pembuka direbut oleh Brian. Namun masuk gim kedua, tantangan tak lagi muncul dari segi teknis lapangan namun justru dari permainan lawan.

Kali ini, Brian sudah lebih menguasai strategi dan inisiatif serangan. Namun Jonatan tetap bermain ngotot dan terus membalas serangan Brian. Akhirnya Jonatan pun menguasai kendali permainan pada gim kedua, dan terus melanjutkan tekanannya pada gim penentu untuk merebut tiket perempatfinal.

Untuk menghadapi Shesar, Jonatan mengevaluasi permainannya hari ini yang dinilai masih tidak maksimal. Menurutnya, adaptasi lapangan berangin dan timing pukulan harus diperbaiki lagi pada laga berikutnya.

Sementara itu, ganda putri andalan Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga menjaga momentum baik dan kepercayaan diri dengan tembus ke perempatfinal China Open 2023.

Apri/Fadia memastikan posisi tersebut setelah mengalahkan ganda putri Korea Selatan Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong, 21-16, 21-18.

Menurunya, Jeong/Kim merupakan pasangan ganda putri yang gesit dan ulet, sehingga mereka harus menjaga agar Jeong/Kim tidak bermain dalam zona nyaman mereka.

Dengan kemenangan itu, maka Apri/Fadia akan berhadapan dengan pemenang laga antara Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea Selatan) kontra Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (Malaysia). ant

Komentar