nusabali

Progres Empat Jembatan di Tabanan Sudah 20 Persen

Oktober Masuki Pengerjaan Bagian Atas

  • www.nusabali.com-progres-empat-jembatan-di-tabanan-sudah-20-persen

TABANAN, NusaBali - Empat jembatan yang dibangun di kabupaten Tabanan pada 2023 telah mencapai 20 persen. Diprediksi jika tak ada halangan bulan Oktober mendatang bakal mulai pembangunan bagian atas.

Rincian progres pembangunan empat jembatan antara lain jembatan penghubung Banjar Pegebegan dan Ganter Kecamatan Kediri yang realisasinya sudah 22,627 persen.  Jembatan penghubung Marga dan Apuan realisasinya sudah 19,878 persen, jembatan penghubung Geluntung sampai Uma Bali 18,796 persen dan jembatan Suralaga dan Ganter 16,067 persen. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Tabanan I Made Dedy Darmasaputra mengatakan seluruh pengerjaan jembatan tengah berproses. Rata-rata sudah melewati target dari yang direncanakan.

"Seperti misalnya jembatan penghubung Banjar Pegebegan dan Ganter Kecamatan Kediri yang realisasinya sudah 22,627 persen atau melampaui dari perencanaan 20,385 persen," jelasnya, Kamis (24/8). 

Menurutnya progres pengerjaan empat jembatan masih dalam tahap pembangunan bagian pondasi atau abutment. "Dari empat jembatan ini pengerjaan jembatan yang sulit ini pengerjaan proyek jembatan penghubung Marga dan Apuan karena memang lebih lebar dan panjang," akunya.

Dia memprediksi karena tahap pengerjaan sudah mencapai rata-rata 20 persen, rencana untuk proses pengerjaan bagian atas atau pada tahap penyambungan jembatan akan mulai dikerjakan pada bulan Oktober nanti.

"Penyambungan jembatan akan menggunakan treker prategang atau beton jadi. Rencana treker prategang ini kami datangkan dari Surabaya dan kita sebelumnya akan cek ke pabriknya langsung,” tegas Dedy Darmasaputra. 

Empat jembatan ini ditarget tuntas akhir tahun 2023 atau enam bulan pengerjaan. "Kita harapkan proses pengerjaan berjalan tanpa hambatan dan tempat waktu sehingga secepatnya jembatan bisa berfungsi," harapnya. 7des

Komentar