nusabali

Pura Dalem Kahyangan Kedaton Disatroni Maling

Uang Kepeng dan Batu Pedagingan Raib

  • www.nusabali.com-pura-dalem-kahyangan-kedaton-disatroni-maling

TABANAN, NusaBali - Pura Dalem Kahyangan Kedaton atau Pura Alas Kedaton di areal Objek Wisata Alas Kedaton di Banjar Lodalang, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan disatroni maling, Jumat (18/8). Uang kepeng serta batu pedagingan yang ada di dalam gedong panyineban (tempat penyimpanan) hilang.

Informasi yang dihimpun peristiwa ini pertama kali diketahui pada, Jumat sekitar pukul 10.25 Wita. Saat itu seorang warga Ni Made Partini hendak sembahyang. Namun sesampainya di utama mandala pura dia dikejutkan dengan kotak sesari sudah tergeletak di lantai, kemudian pintu gedong penyineban sudah dalam keadaan rusak.

Melihat hal tersebut warga asal Banjar Dinas Tengah, Desa Kukuh ini berlari ke luar untuk meminta bantuan. Sampai di luar dia melihat warga I Gede Pindah dan lanjut menginformasikan peristiwa itu kepada Pamangku Pura Dalem Kahyangan Alas Kedaton. Selang beberapa lama datang petugas dari Polsek Marga untuk melakukan olah TKP. Dari hasil sementara yang hilang hanya uang kepeng dan satu buah batu pedagingan.

Kapolsek Marga, AKP Wayan Suta Arcana membenarkan kejadian itu. Saat ini tengah dilakukan penyelidikan. Barang yang dicuri hanya uang kepeng sebanyak 33 keping dan satu buah batu pedagingan. "Kerugian sekitar Rp 500.000," ujarnya.

Menurutnya, pelaku nekat mencuri saat memasuki area pura yang tidak terkunci. Selanjutnya membobol pintu gedong dengan cara merusak engsel bawah yang sudah rapuh dan langsung masuk ke dalam gedong dan mengambil 33 keping uang kepeng dan 1 buah batu pedagingan. "Saat ini kita masih selidiki," jelas AKP Suta Arcana.

Terpisah Bendesa Adat Kukuh, I Gusti Ngurah Artha Wijaya membenarkan kejadian itu. Namun dia enggan berkomentar banyak lantaran yang hilang hanya uang kepeng dengan jumlah sedikit dan batu pedagingan yang ada di dalam gedong penyineban. "Pencurian memang benar ada, uang kepeng sedikit, pratima yang lain masih aman, kita tengah mempersiapkan upacara pasca kejadian," katanya.

Dihimpun dari berbagai sumber Pura Dalem Kahyangan Alas Kedaton atau Pura Alas Kedaton, merupakan pura peninggalan dari zaman megalitikum kuno di Pulau Bali. Pura Alas Kedaton terletak di tengah-tengah hutan monyet/hutan kera Alas Kedaton, tepatnya di Banjar Lodalang, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Piodalan di Pura Alas Kedaton jatuh pada Anggara Kasih Medangsia (10 hari setelah raya Kuningan). Salah satu keunikan di pura ini, yakni selama upacara berlangsung tidak menggunakan sarana dupa dan Kwangen selama persembahyangan. 7 des

Komentar