nusabali

Pasca Digulung Bali United, Putu Gede Mundur dari Kursi Pelatih Arema FC

  • www.nusabali.com-pasca-digulung-bali-united-putu-gede-mundur-dari-kursi-pelatih-arema-fc

MALANG, NusaBali.com – Empat laga awal Liga 1 2023/2024 tanpa kemenangan, dan terbaru digulung Bali United 1-3 dalam laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Jumat (21/7/2023), pelatih I Putu Gede memutuskan mundur dari Arema FC.

Manajer Tim Arema FC Wiebie Dwi Andriyas mengkonfirmasi mundurnya legenda Arema tersebut pada Sabtu (22/7/2023).

"Kami sudah bicara setelah pertandingan, kami menghormati keputusan Coach Putu, beliau memilih untuk tidak lagi bersama Arema FC," kata Wiebie.

Putu Gede sendiri tidak memiliki lisensi AFC Pro sebagaimana persyaratan bagi pelatih yang mendampingi tim di Liga 1. Sehingga tim berjuluk Singo Edan menampilkan Joko ‘Gethuk’ Susilo sebagai pelatih yang secara resmi mendampingi tim.

Berbeda dengan Putu Gede, Joko Gethuk masih mendampingi Arema yang di putaran pertama kompetisi musim ini memilih homebase di Gianyar lantaran Stadion Kanjuruhan Malang masih direnovasi.

Dengan demikian Putu Gede menjadi pelatih kedua di Liga 1 yang rontok setelah pekan lalu Luis Milla menyatakan mundur dari Persib Bandung.

Wiebie menambahkan, manajemen Arema FC mengucapkan terima kasih atas kontribusi Putu Gede selama mengarsiteki skuad yang dimotori oleh Charles Raphael de Almeida tersebut. Mundurnya Putu Gede sesungguhnya bukan hal yang diinginkan.

Ia menambahkan, pada awal kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 kali ini merupakan fase terberat yang dihadapi Arema FC. Namun, ia meyakini bahwa Ariel Lucero dan rekan-rekannya mulai menunjukkan perkembangan yang menjanjikan.

"Di sepakbola sebenarnya hal-hal ini yang sangat tidak diinginkan, tapi akhirnya harus benar-benar terjadi. Awal-awal musim ini cukup berat bagi Arema FC. Namun kami melihat ada progres yang terus naik dari sisi permainan," katanya.

Selain itu, lanjutnya, dengan perkembangan yang terlihat menjanjikan, potensi Arema FC untuk bisa bermain lebih baik dan memperbaiki posisi pada klasemen Liga 1 musim 2023/2024 juga masih terbuka.

Peluang Arema FC untuk bermain lebih baik memang masih terbuka, meskipun pada awal musim kompetisi kali ini, grafik permainan yang ditunjukkan oleh Arema FC masih belum stabil, mengingat ada sejumlah faktor seperti pemain yang cedera dan adaptasi pemain.

"Ada hal-hal yang memiliki potensi untuk tim ini bisa lebih baik lagi," katanya.

Sebelumnya, I Putu Gede Dwi Santoso ditunjuk manajemen Arema FC untuk menggantikan pelatih asal Chile Javier Roca yang saat itu memilih mundur dari skuad Singo Edan. Javier Roca menyatakan mundur dari Arema FC pada 6 Februari 2023.

Selama melakoni pertandingan Liga 1 musim 2023/2024, Arema FC belum mencatatkan kemenangan sejak awal kompetisi digelar. Pada pertandingan pertama, Arema FC dikalahkan Dewa United dengan skor 0-1 dan mengantongi hasil imbang saat melawan Persib Bandung dengan skor 3-3.

Kemudian, pada pertandingan berikutnya, Arema FC dibungkam Persik Kediri dengan skor 2-5 dan kembali kalah pada laga terakhir melawan Bali United dengan skor 1-3. Saat ini, Arema FC berada pada urutan ke-17 klasemen sementara Liga 1 musim 2023/2024 dengan mengantongi satu poin. *ant

Komentar