nusabali

PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip Selama Pesta Kesenian Bali Ke–45

  • www.nusabali.com-pln-hadirkan-listrik-tanpa-kedip-selama-pesta-kesenian-bali-ke-45

DENPASAR, NusaBali - PT PLN (Persero) sukses menghadirkan listrik andal tanpa kedip selama pergelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) ke–45 yang telah berlangsung sejak 18 Juni 2023 hingga Minggu (16/7) di Taman Budaya Bali, Denpasar.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana, di Denpasar, Senin (17/7), mengungkapkan bahwa pelaksanaan pesta tahunan di Bali ini sekali lagi membuktikan peran PLN dalam memberikan layanan kelistrikan kepada masyarakat.

Udayana mengatakan selama sebulan penuh, petugas PLN memastikan keandalan pasokan listrik agar seluruh agenda kegiatan dapat berlangsung lancar tanpa kendala kelistrikan.

“Selama sebulan penuh, PLN mengerahkan setidaknya 69 personel dan peralatan pendukung lainnya seperti UPS dan genset sebagai pasokan cadangan,” kata Udayana.

Dia menambahkan pasokan cadangan yang disiapkan PLN antara lain sebanyak dua unit Uninterruptible Power Supply (UPS) berkapasitas 250 kilo volt ampere (kVA) dan satu unit UPS berkapasitas 100 kVA.

“Khusus acara penutupan PKB di panggung terbuka Ardha Candra, listrik disuplai dari sumber utama dan cadangan demi menghadirkan daya listrik berkapasitas 197.000 VA,” imbuh Udayana.

Udayana menjelaskan kondisi kelistrikan subsistem Bali dalam keadaan surplus, dengan kapasitas daya mampu pasok sebesar 1.555 MW, di mana beban puncak tertinggi di rentang waktu penyelenggaraan PKB terjadi pada Rabu, 28 Juni 2023, yaitu sebesar 903,7 MW, sehingga terdapat cadangan daya pada kisaran 42 persen.

PLN juga memastikan seluruh kegiatan pemeliharaan khususnya di sisi jaringan distribusi, sementara tidak dilakukan hingga seluruh rangkaian PKB selesai dilaksanakan.

Udayana pun mengapresiasi seluruh pihak yang telah bersama-sama mendukung kesuksesan Pesta Kesenian Bali, baik petugas maupun masyarakat yang ikut serta menjaga ketertiban dan kontinuitas pasokan listrik.

Menurut Udayana kelancaran pasokan listrik untuk mendukung suksesnya berbagai pergelaran kegiatan di Bali amat membutuhkan partisipasi masyarakat, dengan sama-sama menjaga keamanan pasokan listrik yakni menghindari berbagai kegiatan berbahaya di sekitar jaringan listrik.

“Kami mengimbau masyarakat untuk dapat meningkatkan kepedulian dengan menghindari melakukan kegiatan di sekitar jaringan listrik PLN, dan melaporkan jika melihat potensi bahaya kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile,” ujarnya. 7 ant

Komentar