nusabali

Dihantam Ombak Pantai Kelingking, Bule Inggris Dievakuasi Tim SAR

  • www.nusabali.com-dihantam-ombak-pantai-kelingking-bule-inggris-dievakuasi-tim-sar
  • www.nusabali.com-dihantam-ombak-pantai-kelingking-bule-inggris-dievakuasi-tim-sar

SEMARAPURA, NusaBali - Turis asal Inggris, Clak Oliver Cameron, 22, dihantam ombak besar saat berenang di Pantai Kelingking, Dusun Karang Dawa, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (12/7) sore.

Akibatnya pergelangan kaki kiri korban mengalami dislokasi.

Selanjutnya Tim SAR turun ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban dari jalur laut. Saat ini korban menjalani perawatan di Klinik Nusa Medika, Kecamatan Nusa Penida.

Kapolsek Nusa Penida, Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan, kejadian ini bermula saat korban berangkat dari lokasi penginapannya di Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, menuju Pantai Kelingking, pukul 11.00 Wita. Korban bersama seorang temannya yang juga dari Inggris, Yule Louis Albert, 19. Akhirnya, mereka tiba di Pantai Kelingking pada Pukul 12.30 Wita, dilanjutkan dengan foto selfie di atas tebing.

Pada pukul 13.00 Wita mereka menuruni tebing Pantai Kelingking sejauh 300 meter dengan jarak tempuh 1 jam menuju pesisir pantai. Mereka langsung berenang. Namun, saat korban asik berenang tiba - tiba datang ombak besar menghantam korban pukul 15.00 Wita.

Akibatnya pergelangan kaki kiri korban mengalami dislokasi, kemudian korban dibantu oleh temannya untuk ke pesisir pantai. "Selanjutnya temannya mencari bantuan kepada warga lokal yang kebetulan ada di lokasi untuk mendapatkan pertolongan," ujar Kompol Sumerta.

Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida, Cakra Negara, mengatakan setelah Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi tersebut, Tim SAR dari Unit Siaga SAR Nusa Penida diberangkatkan menuju Pelabuhan Banjar Nyuh, Desa Ped (Nusa Penida) dan berkoordinasi untuk menggerakkan Boat Ocean Rider selanjutnya menuju lokasi korban. "Korban kita evakuasi dengan cara ditarik dari bibir pantai menuju ke tengah, karena pada saat evakuasi gelombang cukup tinggi, dan upaya evakuasi berlangsung selama 1 jam," ujar Cakra.

Pukul 18.15 Wita korban berhasil dievakuasi ke atas Boat Ocean Rider dalam keadaan selamat, selanjutnya dibawa menuju Pelabuhan Banjar Nyuh. Setibanya di darat, korban segera dilarikan ke Klinik Nusa Medika menggunakan ambulans.

Selama proses evakuasi berlangsung turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Koramil Nusa Penida, Polsek Nusa Penida, Klinik Nusa Medika, dan ABK Ocean Rider. wan

Komentar