nusabali

FEB Mahasaraswati Buka Prodi S2 Akuntansi

  • www.nusabali.com-feb-mahasaraswati-buka-prodi-s2-akuntansi

DENPASAR, NusaBali - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati (FEB Unmas) menambah satu lagi program studi magister.

Program Studi S2 Akuntansi menjadi program studi S2 kedua yang ditawarkan fakultas dengan jumlah mahasiswa terbesar di Unmas. Sebelumnya FEB Unmas telah memiliki Prodi S2 Manajemen.

Dekan FEB Unmas Dr Putu Kepramareni, SE, MM, mengatakan tingginya minat alumni S1 Unmas melanjutkan pendidikan ke jenjang magister Akuntansi menjadi salah satu alasan pihaknya membuat Prodi S2 Akuntansi.

"Prodi S2 Akuntansi Unmas jadi satu-satunya prodi magister akuntansi di lingkungan LLDIKTI wilayah VIII (Bali dan NTB)," ujar Kepramareni ditemui di Kampus Unmas Jalan Kamboja Denpasar, Kamis (6/7).

Kepramareni mengatakan kebutuhan akan tenaga master akuntansi di masyarakat kian bertumbuh. Selain di pemerintahan mereka juga dapat berperan sebagai enterpreneur.

Nantinya, lulusan S2 Akuntansi Unmas diharapkan memegang posisi di birokrasi ataupun membuka kantor konsultan keuangan/pajak. "Sekarang kita lihat S2 jadi kebutuhan yang umum, tidak cukup hanya S1," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung proses pembelajaran Prodi Akuntansi Unmas telah memiliki lima orang dosen bergelar doktor di bidang akuntansi seperti yang dipersyaratkan Kemendikbudristek untuk membuka prodi baru S2. Di samping itu, dua guru besar (profesor) FEB Unmas juga akan mendukung proses perkuliahan.

Pendaftaran Prodi S2 Akuntansi Unmas sendiri telah dibuka pada 3 Juli hingga 19 Agustus 2023, bersamaan dengan pendaftaran gelombang II program sarjana Unmas tahun ajaran 2023/2024. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran secara daring pada website https://spmb.unmas.ac.id/.

Kepramareni menjelaskan, perkuliahan akan berlangsung pada sore/malam hari mengingat sebagian besar mahasiswa diperkirakan telah bekerja. Mahasiswa nantinya diharapkan menyelesaikan program dalam empat semester setelah mengikuti perkuliahan teori dan mempertahankan tesis penelitiannya.

Lebih jauh, Kepramareni mengungkapkan Prodi S2 Akuntansi juga akan menambah program studi yang ada di lingkungan FEB Unmas, baik jenjang S1 maupun S2. Pada jenjang S1 FEB Unmas telah memiliki dua prodi dengan akreditasi mumpuni, meliputi Prodi S1 Manajemen (akreditasi unggul), Prodi S1 Akuntansi (sangat baik). Sementara prodi S2 Manajemen telah memegang akreditasi B.

Dijelaskan pula, Prodi S1 Unmas memiliki sejumlah keunggulan di mana salah satunya selain mendapatkan ijazah mahasiswa juga akan dibekali dengan sertifikat kompetensi sesuai dengan konsentrasi yang dipilihnya.

Program S1 FEB Unmas, lanjut Kepramareni, juga telah didukung 33 dosen bergelar doktor, sementara 22 dosen lainnya tengah menyelesaikan pendidikan S3.

Ia mengatakan para dosen FEB Unmas mengikuti sejumlah pelatihan sehingga para dosen sebagian besar juga sudah memiliki sertifikat kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing. "Kami concern dengan peningkatan kompetensi SDM karena akan sangat mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi," sebut Kepramareni. cr78

Komentar