nusabali

SMPN 16 Denpasar Rayakan HUT Perdana di Gedung Baru

SMPN 17 Akan Dibangun di Penatih pada 2025

  • www.nusabali.com-smpn-16-denpasar-rayakan-hut-perdana-di-gedung-baru

DENPASAR, NusaBali - SMP Negeri 16 Denpasar yang baru berdiri tahun lalu, merayakan ulag tahun perdana di gedung baru Jalan Kertha Winangun No 1, Desa Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan, Jumat (3/5).

Sekolah ini akan menjadi wilayah zonasi pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk Desa Sidakarya, Kelurahan Renon, Kelurahan Panjer, serta Desa Sanur Kauh. Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara berkesempatan membuka secara resmi kegiatan ini.

Meskipun baru berumur satu tahun, sekolah ini telah menorehkan beberapa prestasi. Saat ini baru ada 280 siswa dengan satu angkatan kelas VII yang berjumlah 7 kelas. Sebelumnya, proses belajar mengajar masih dilakukan di SMPN 6 Denpasar, dan harus masuk siang. Kini dengan gedung baru yang sudah bisa ditempati sejak Januari 2024 lalu, dipastikan pada PPDB 2024/2025 sekolah ini akan mampu menampung sekitar 1.200 murid dengan kapasitas 30 ruang kelas.

Selain HUT perdana, acara utama lainnya adalah grand launching tari maskot SMPN 16 Denpasar dengan judul ‘Saraswati Semaya Murti’ yang berawal dari ide dan impian agar memiliki warisan kekayaan non-benda yang berasal dari kearifan lokal Bali. Tarian ini mencerminkan spirit, semangat, harapan, cita-cita luhur, serta kebulatan tekad untuk memajukan ilmu pengetahuan demi kesuksesan semua siswa yang mengenyam pendidikan di SMPN 16 Denpasar.

Kepala Sekolah SMPN 16 Denpasar Putu Eka Juliana Jaya, menyampaikan kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam sejarah SMPN 16 Denpasar. “Meskipun kami muda belia, anak-anak sudah bisa dilihat potensi mereka di bidang seni dan budaya, akademis dan non akademis, sudah sangat luar biasa,” ucap Putu Eka Juliana Jaya.

Dia juga mengungkapkan antusias masyarakat terhadap sekolah negeri baru ini sangatlah tinggi, terutama di wilayah Sidakarya dan sekitarnya. “Kami kemarin ada 1.000 siswa yang mendaftar, tetapi yang bisa diterima hanya 280 siswa, karena keterbatasan bangku dan kita masih belum ada gedung juga. Dengan gedung baru ini terget kita ke depan bisa menampung lebih banyak siswa. Tugas pemerintah menyiapkan bangku, kalau sudah ada sekolahnya kenapa tidak dimanfaatkan, apalagi sekolah negeri,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama sangat mengapresiasi seluruh elemen SMPN 16 Denpasar. “Kalau untuk prestasi walaupun setahun ini luar biasa, sudah bisa mencetak prestasi murid-muridnya walaupun generasi kelas VII saja yang baru ada,” kata Agung Wiratama.

Agung Wiratama juga mengungkapkan ada rencana untuk pembangunan SMP Negeri 17 di Kelurahan Penatih, Kecamatan Denpasar Timur pada tahun 2025, sebagai langkah mewujudkan pemerataan akses pendidikan dan pemerataan kualitas pendidikan nasional, sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 7 cr79

Komentar