nusabali

Kaltim Lawan Tangguh Tim Pra PON Dansa Bali

  • www.nusabali.com-kaltim-lawan-tangguh-tim-pra-pon-dansa-bali

DENPASAR, NusaBali - Tim Dancesport Bali diprediksi akan mendapatkan lawan tangguh dari Kalimantan Timur dan Jawa Timur dalam ajang Pra PON pada 2- 3 September 2023, di Yogyakarta. Persaingan sengit itu karena Bali di grup B bersama Jatim, Kaltara dan Papua Barat. Tim yang jadi juara umum akan mendapat kuota 16 atlet lolos PON 2024.

Demikian disampaikan Sekjen PP IODI Pusat, Ni Made Suparmi, Sabtu (8/7). Menurut Suparmi yang juga mantan Ketua umum IODI Bali, Jatim dan Kaltim merupakan lawan kuat Bali, karena dua daerah itu jadi barometer secara kuantitas dan kualitas. Suparmi menilai, atlet dansa Bali akan kerja keras dan berharap lolos sebanyak mungkin ke PON 2024 di Sumatera Utara. 

Menurut Suparmi, soal kuota lolos PON 2024 dari Pra PON rinciannya maksimal juara umum grup memperoleh 16 kuota, dan terus menurun 14 atlet jika jadi runner up grup. Selanjutnya kuota terus menyusut jadi 12, 10, 8, dan seterusnya tiap grup. 

Suparmi mengakui untuk dansa tidak ada batas usia, sehingga kalau full team patokan atlet 24 orang. Sedangkan soal putra dan putri belum bisa dipastikan karena melihat nomornya. PP IODI sendiri menambah empat kategori dalam cabang olahraga (cabor) dance sport pada PON XXI/2024. Penambahan itu untuk kategori solo, yakni 4 kelas berbeda. 

"PON kali ini memperebutkan 21 kategori atau ada penambahan 4 kategori dari PON sebelumnya," tutur Suparmi. dek

Komentar