nusabali

Atlet Para Angkat Berat Segera Jalani Pelatnas

  • www.nusabali.com-atlet-para-angkat-berat-segera-jalani-pelatnas

JAKARTA, NusaBali - Usai berlaga di ASEAN Para Games pada 3-9 Juni 2023 di Kamboja, atlet para angkat berat segera menyiapkan diri untuk Asian Para Games di Hangzhou, China. Kini, atlet para angkat berat datang ke Pelatnas di Solo, Jawa Tengah (Jateng). Mereka mulai berlatih pada Senin (10/7).

"Jumat kemarin atlet para angkat berat mendapat panggilan. Hari ini, semua berdatangan. Namun, latihan baru dilakukan Senin nanti," ujar Koordinator Pelatih Para Angkat Berat, Eko Supriyanto, Sabtu (8/7).

Menurut Eko, ada tujuh atlet masuk Pelatnas Asian Para Games. Salah satunya adalah atlet asal Bali Ni Nengah Widiasih (Widi) di kelas 45 kg. Widi merupakan atlet yang berasal dari luar Pulau Jawa. 

"Atlet dari luar Pulau Jawa ada tiga orang, termasuk Widi. Empat orang lagi dari Pulau Jawa atau di sekitar Solo Raya," terang Eko Supriyanto.

Mereka nantinya berlatih di Kusuma Sahid Prince Hotel dari pagi hingga siang hari. Sementara sore hari akan digunakan istirahat atau berjemur di penginapan. Untuk ke Asian Para Games, ke tujuh atlet bakal direview kembali dari hasil Kejuaraan Dunia di Dubai pada Agustus 2023 mendatang.

Atlet para angkat berat putri setidaknya harus berada di peringkat delapan besar. Sedangkan atlet putra di posisi 11 besar. Oleh karena itu, atlet para angkat berat harus berlatih lebih baik lagi guna mempersiapkan diri ke Asian Para Games di Hangzhou, China.

"Bagi saya, atlet para angkat berat yang bergabung di Pelatnas Asian Para Games agar berlatih lebih keras lagi. Kalau kemarin latihannya 100%, besok harus 200%. Sebab, lawan-lawan mereka kelak lebih berat," kata Eko.

Atlet para angkat berat sendiri baru saja menghadiri syukuran atas prestasi kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja yang berhasil menjadi juara umum di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jumat (7/7) kemarin. Selain itu, mereka sukses mencetak hattrick, mulai dari ASEAN Para Games 2017 Malaysia, 2022 di Solo (Jateng) dan 2023 di Kamboja.

Ada empat perwakilan dari atlet para angkat berat yang hadir. Mereka didampingi Eko dan satu pelatih lainnya. Hadir pula pengurus National Paralympic Committe (NPC) Indonesia. Mereka bangga atas pencapaian para atlet Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Mereka juga menyampaikan agar para atlet harus terus berlatih dengan keras. Pasalnya, di depan ada Asian Para Games yang tingkatannya lebih tinggi dari ASEAN Para Games. 

"Ini, tentu sangat memotivasi kami. Semoga di Asian Para Games, kami bisa meraih hasil terbaik," tegas Eko.

Di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, atlet para angkat berat berhasil meraih juara umum dengan memperoleh 17 medali emas, 8 medali perak dan 6 medali perunggu. Saat itu, mereka diperkuat 16 atlet. Dua diantaranya berasal dari Bali, Widi di kelas 45 kg dan Ni Nengah Widiasih (Nengah) di kelas 86 kg.  k22

Komentar