nusabali

Gandeng Diskes Tabanan, Prodi Akuntansi Unmas Pengabdian Masyarakat di Desa Sembung Gede Tabanan

  • www.nusabali.com-gandeng-diskes-tabanan-prodi-akuntansi-unmas-pengabdian-masyarakat-di-desa-sembung-gede-tabanan

DENPASAR, NusaBali - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati (FEB Unmas) mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelayanan kesehatan lansia di Desa Sembung Gede Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Jumat (23/6) lalu.

Kegiatan ini merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan bertema 'Membangun Desa Sembung Gede Berdasarkan Konsep Jana Kertih Menuju Sembung Gede Aman, Unggul, dan Madani' dilaksanakan di Balai Banjar Batuaji Kawan Kaja, Desa Sembung Gede, dengan melibatkan dua warga Banjar Batuaji Kawan Kelod dan Banjar Batuaji Kawan Kaja.

Adapun sosialisasi kesehatan berupa pemaparan terkait penyakit rabies, sedangkan pelayanan kesehatan lansia berupa pemeriksaan darah, kolesterol hingga pemeriksaan tensi (tekanan darah).

Hadir Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Unmas Denpasar Dr I Gede Cahyadi Putra, SE, MSi, Ak, CA, bersama anggota Ida Ayu Ratih Manuari, SE, MSi, Made Edy Septian Santosa, SE, MSi dan melibatkan sebanyak 24 orang mahasiswa Unmas. Adapun Kaprodi Akuntansi FEB Unmas Denpasar Ni Nyoman Ayu Suryandari, SE, MSi, Ak, CA, juga turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dr I Gede Cahyadi Putra, SE, MSi, Ak, CA, menjelaskan Unmas Denpasar sebelumnya telah memiliki MoU dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan dan Kecamatan Kerambitan. Untuk itu pengabdian masyarakat kali ini juga dilaksanakan sebagai implementasi kesepakatan tersebut.

"Meski di Desa Sembung Gede tidak ada kasus rabies sejauh ini, namun sosialisasi tetap perlu dilakukan mengingat kasus rabies sedang terjadi di Bali," ujar Cahyadi Putra ditemui di Kampus Unmas, Jalan Kamboja, Denpasar, Kamis (6/7).

 

Dengan adanya pemaparan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, ia berharap warga semakin sadar dengan adanya penyakit rabies sehingga bisa melakukan langkah-langkah menghindari penyakit ini.

Adapun kegiatan pemeriksaan kesehatan juga diharapkan meningkatkan kesejahteraan para lansia yang ada di Desa Sembung Gede. Dalam kegiatan itu total 80 lansia dari Banjar Batuaji Kelod dan Batuaji Kaja mendapatkan layanan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan.

"Dalam hal ini kami menjembatani antara Dinas Kesehatan Tabanan dengan masyarakat," imbuh Wakil Dekan II FEB Unmas.

Lebih jauh dijelaskan, sosialisasi dan layanan kesehatan ini jadi bagian pengabdian masyarakat Prodi Akuntansi Unmas dalam bidang kesehatan di Desa Sembung Gede. Kegiatan lain dalam bidang kesehatan juga sudah dilakukan sebelumnya yakni melakukan sosialisasi dan pendampingan pemilahan sampah plastik kepada Ibu-ibu PKK.

"Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan dalam 3 bidang yaitu Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan yang dibagi ke dalam 8 kegiatan," jelas Cahyadi Putra.

Dikatakannya, Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan secara rutin. Untuk itu Prodi Akuntansi FEB Unmas melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat setiap semester. cr78

Komentar