nusabali

2 PLTD Gangguan, PLN Kerahkan 23 Genset ke Nusa Penida

  • www.nusabali.com-2-pltd-gangguan-pln-kerahkan-23-genset-ke-nusa-penida

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak 2 unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) milik PT PLN (Persero) di Nusa Penida, Klungkung mengalami gangguan dari 7 unit PLTD yang ada.

Hal itu membuat keterbatasan pasokan listrik saat ini. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan kebutuhan listrik pasca pandemic Covid-19 yang sebelumnya hanya sebesar 7,2 MW meningkat menjadi 10,7 MW.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana saat diwawancarai, Minggu (2/7) mengungkapkan untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik yang sangat tinggi di Nusa Penida, sebanyak 7 unit PLTD yang masing-masing berkapasitas 1,4 Megawatt (MW) harus beroperasi 24 jam terus menerus tanpa pemeliharaan dan puncaknya 2 unit mengalami gangguan.

Udayana menambahkan, untuk mengatasi kondisi ini dalam jangka pendek, PLN melakukan penambahan beberapa unit genset berkapasitas 50 kVA-250 kVA. "PLN memobilisasi 23 unit genset dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan NTB yang dioperasikan sementara untuk mengatasi defisit daya di Nusa Penida," jelasnya.

Dia menambahkan untuk perbaikan 2 unit PLTD masih on progress dan diharapkan dapat segera dioperasikan dalam beberapa hari ke depan. Lebih lanjut, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ditambab Battery Energy Storage System (BESS) yang berkapasitas 3,5 MW turut dioperasikan pada malam hari khususnya pada saat beban puncak dengan maksimum durasi pengoperasian mencapai 2 jam.
  
Foto: Petugas melakukan assessment sebelum melakukan installment genset pada trafo distribusi. -IST

"Untuk jangka panjang, PLN memastikan untuk memasukkan rencana pengembangan kelistrikan Nusa Penida ke dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) sebagai upaya mengantisipasi pertumbuhan pembangunan di Nusa Penida," ujarnya.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi, PLN juga bersinergi dengan berbagai pihak antara lain Bupati Klungkung dan Forkopimda serta seluruh kepala desa se-Nusa Penida.

"Kami mengapresiasi Bupati Klungkung serta perangkat desa se-Nusa Penida yang telah membantu PLN dalam memberikan informasi kepada masyarakat, dan berharap sinergi ini terus terjalin," kata Udayana.

Selain itu, dia juga mengatakan PLN berupaya meringankan kesulitan masyarakat dengan memberi bantuan lampu emergency yang dapat dimanfaatkan saat terjadinya listrik padam akibat dari adanya kondisi defisit daya.

Terakhir, dia berharap dukungan dan doa dari seluruh pihak dan masyarakat agar upaya yang sedang dilakukan PLN dapat berjalan lancar, dan kondisi kelistrikan Nusa Penida dapat segera normal secepatnya. 7 mis

Komentar