nusabali

Bangli Kecipratan Inpres Peningkatan Jalan Daerah

  • www.nusabali.com-bangli-kecipratan-inpres-peningkatan-jalan-daerah

BANGLI, NusaBali - Dari sembilan kabupaten/kota di Bali, hanya Kabupaten Bangli akan mendapat kegiatan peningkatan kemantapan jalan  lewat Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah tahun anggaran 2023. Ada beberapa ruas yang diusulkan untuk dapat penanganan dari program pusat ini.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Perkim Bangli I Wayan Lega Suprapto mengatakan Inpres jalan daerah ditujukan untuk penanganan jalan-jalan non nasional yang rusak. Selain itu, ada juga jalan membutuhkan peningkatan untuk kemantapan jalan daerah melalui anggaran APBN.

Kata Lega Suprapto, adapun yang menjadi skala prioritas penanganan jalan lewat Inpres jalan daerah  adalah jalan yang terhubung dan terintegrasi dengan daerah lain. Utamanya, untuk mendukung kawasan pariwisata, kawasan pertanian dalan lainya serta menyasar jalan yang kondisi belum mantap. "Inpres ini bertujuan peningkatan konektivitas jalan daerah untuk memberikan manfaat maksimal dalam mendorong peningkatan perekonomian,” ungkapnya, Jumat (30/6).

Kata Lega Suprapto, sejatinya ada beberapa ruas jalan di Bangli yang diusulkan untuk dapat penanganan lewat  program ini, diantaranya, ruas jalan Lembehan - Langgahan, Pludu - Abuan, Kecamatan Kintamani. “Baru dua ruas yang pasti mendapat penanganan dan kemungkinan jumlah ruas jalan yang akan dapat penanganan akan bertambah,” jelasnya.

Terkait rencana pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Desa Tradisional Penglipuran, Kelurahan Kubu dengan Dusun Cekeng, Desa Sulahan, Wayan Lega menyebutkan pembangunan akan dilaksanakan tahun ini.

Kata dia, tim dari pusat telah turun melakukan kajian. Pembangunan jembatan gantung adalah sebagai bentuk reward atas prestasi Pemkab Bangli. Karena Bangli meraih juara II tingkat nasional dalan pengelolaan jalan  yang diadakan Direktorat Jendral BIna Marga Kementerian PUPR tahun 2022. 

"Dipilihnya lokasi pembanguan jembatan gantung didasari atas kesiapan masyarakat setempat untuk ikut menjaga dan melakukan perawatan  jembatan tersebut," imbuh pejabat asal Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani ini. 7esa

Komentar