nusabali

Hadiri Pitra Yadnya, Suyasa Puji Gotong Royong Krama Adat Bualu

  • www.nusabali.com-hadiri-pitra-yadnya-suyasa-puji-gotong-royong-krama-adat-bualu

DENPASAR, NusaBali - Uleman (undangan adat,red) untuk Wakil Ketua DPRD Badung dari Fraksi Golkar, Wayan Suyasa terus mengalir dari masyarakat Badung. Suyasa kembali menemui undangan masyarakat di Desa Adat Bualu, Kecamatan Kuta Selatan, dalam acara pitra yadnya pada Wrespati Umanis Gumbreg, Kamis (29/6).

Suyasa memuji gotong royong krama Desa Adat Bualu dalam kegiatan karya pitra yadnya untuk meringankan beban masyarakat.

Rangkaian Upacara Pitra Yadnya di Desa Adat Bualu digelar mulai 14 Mei hingga 22 Juli 2023 mendatang. Suyasa saat turun didampingi Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali Wayan Rawan Atmaja, Anggota Fraksi Golkar DPRD Badung, Wayan Karyana, tokoh masyarakat Bualu, Wayan Sukses. 

Suyasa yang juga Ketua DPD II Golkar Badung bersama para tokoh langsung mapunia sebesar Rp 37,5 juta untuk karya pitra yadnya. 
“Kita sangat apresiasi, karena masyarakat dalam melaksanakan upakara dan yadnya selalu mengedepankan gotong royong. Kami selaku pemerintah Badung yang hadir juga harus berpartisipasi,” ujar politisi asal Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi Badung, ini. 

Lebih lanjut, Ketua Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Provinsi Bali ini mengatakan, wakil rakyat DPRD Badung merupakan representatif masyarakat Badung, bukan masyarakat partai. "Sehingga siapapun tokoh yang sudah dilantik menjadi wakil rakyat dapat diundang untuk nyaksi kegiatan upakara, karena merupakan wakil masyarakat yang kewajibannya melayani masyarakat. Sekali lagi jangan membicarakan ‘warna’ asal tokoh itu,” ujar Suyasa.

“Intinya krama nangun karya sampun guyub tur pakedek pakenyem (melaksanakan upacara dengan keharmonisan). Kami juga turut berdoa dengan tulus ihklas agar karya yang dibangun dengan kebersamaan dalam upaya meringankan beban krama ini dapat berjalan lancar,” imbuh Suyasa.

Sementara, Bendesa Adat Bualu, Wayan Mudita menyampaikan peserta dalam upacara nglungah (bayi keguguran) sebanyak 17 peserta, ngelangkir 6 orang, Ngaben 16 sawa. Sementara Nyekah Atma Wedana diikuti 57 puspa. 

Mudita menyampaikan terima kasih kepada Suyasa bersama Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali Rawan Atmaja dan jajaran tokoh masyarakat yang turut memberikan bantuan punia.  Kata Mudita, Suyasa sudah banyak membantu Desa Adat Bualu dalam kegiatan, diantaranya dalam pelaksanaan Hari Raya Nyepi dan  pembuatan Tari Maskot Desa Adat Bualu beberapa waktu lalu. “Terima kasih Pak Suyasa sudah ngaturang punia untuk karya dan juga kepada sekeha Gong. Hal ini sangat membantu kami, sehingga sangat meringankan bagi kami khususnya dalam pendanaan di Desa Adat Bualu,” ujar Mudita.n nat

Komentar