nusabali

Anggota Fraksi Golkar Kompak Tak Hadiri Sidang Paripurna

  • www.nusabali.com-anggota-fraksi-golkar-kompak-tak-hadiri-sidang-paripurna

MANGUPURA, NusaBali - Sidang Paripurna DPRD Badung dengan agenda pemberian rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Badung tahun 2023 di Ruang Sidang Utama Gosana Gedung DPRD Badung, Senin (18/4) diwarnai tak absennya 10 orang anggota dewan. Diduga sebagian besar anggota yang tak hadir ini berasal dari Fraksi Golkar, yakni sebanyak tujuh orang anggota. Meski demikian, sidang paripurna tetap berjalan karena kuorum.

Ketua DPRD Badung, Putu Parwata menyatakan terdapat beberapa anggota DPRD Badung yang tidak hadir. Dari 40 anggota dewan ada 10 orang yang tidak hadir. 

"Pada rapat paripurna ini telah hadir 30 orang anggota DPRD dan tidak hadir 10 orang. Dengan memohon bimbingan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, rapat paripurna hari ini kami buka secara resmi dan kami nyatakan terbuka untuk umum,” ujar Parwata saat membuka sidang paripurna kemarin. Menanggapi aksi ketidakhadiran Fraksi Golkar, Bupati Giri Prasta mengaku tidak mengetahui alasan fraksi partai berlambang pohon beringin tersebut tidak menghadiri agenda sidang paripurna. 

Dia pun menyayangkan anggota dewan yang tidak hadir saat sidang paripurna. Dirinya pun menyentil perihal gaji yang didapatkan oleh oleh para anggota parlemen dengan kewajiban menjalankan tugas. "Gak ngerti saya, yang ngundang kan DPRD. Kalau saya jadi itu kan malu saya terima gaji banyak. Keluar negeri juga, begitu juga keluar daerah dapat uang. Ketika tugasnya untuk melaksanakan tugas negara karena gajinya itu, tidak hadir," kata Giri Prasta. Meski demikian, menurut Giri Prasta, masalah kehadiran anggota dewan dalam sidang memang menjadi hak masing-masing anggota. Begitu juga masalah nafkah mereka. Bupati asal Pelaga, Kecamatan Petang ini tidak terlalu mempermasalahkan. Sebab pelaksanaan rapat paripurna dapat tetap berjalan. 

"Itu memang diberikan kepada masing pribadi orang, dan saya ingin buktikan membangun Badung ini bersama-sama, tanpa kelompok yang tidak hadir pun kami harus tetap jalan," tegasnya. Disinggung terkait adanya permasalahan dengan Fraksi Golkar, Sekretaris DPC PDIP Badung ini mengaku tidak mengetahui secara pasti. "Oh tidak tahu, itu kan urusan pribadi," ucap Giri Prasta. NusaBali mencoba meminta konfirmasi terkait ketidak hadiran sejumlah anggota Fraksi Golkar DPRD Badung ini kepada Ketua DPD II Golkar Badung I Wayan Suyasa yang juga Wakil Ketua DPRD Badung. Hanya saja politisi asal Penarungan, Kecamatan Mengwi tersebut enggan menjawab. 7 ind

Komentar