nusabali

Badung Eliminasi Anjing Liar Terkontaminasi Rabies

Cakupan Vaksinasi Hampir 78 Persen

  • www.nusabali.com-badung-eliminasi-anjing-liar-terkontaminasi-rabies

Dari 89.909 populasi HPR di Badung, per Juni 2023 sebanyak 70.102 HPR seperti anjing dan sudah tervaksin.

MANGUPURA, NusaBali
Selain menggencarkan vaksinasi rabies pada Hewan Penular Rabies (HPR), Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung juga melakukan eliminasi anjing liar. Eliminasi dilakukan secara selektif, terutama yang terlihat memiliki ciri-ciri rabies.

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Gede Asrama, mengatakan eliminasi anjing liar tidak dilakukan terhadap semua anjing liar, namun berdasarkan laporan dan juga permintaan warga. "Untuk eliminasi anjing liar kita lakukan secara selektif. Terutama yang telah terkontaminasi dengan anjing yang positif rabies. Jadi tidak semua anjing liar kita eliminasi," ujar Asrama, Senin (26/6).

Menurut Asrama, tidak hanya kepada anjing liar, eliminasi juga dilakukan berdasarkan permintaan dari warga yang merasa jika hewan peliharaannya telah menunjukkan gejala mengarah ke rabies. "Pemilik juga bisa kita mintai agar merelakan anjingnya untuk dieliminasi bila telah terkontaminasi dengan hewan rabies," katanya.

Sementara itu, vaksinasi untuk mencegah kasus rabies dilakukan hingga menyasar rumah ke rumah. Dari 89.909 populasi HPR di Badung, kata dia, per Juni 2023, sebanyak 70.102 HPR seperti anjing dan kucing sudah tervaksin. "Cakupan vaksinasi sejauh ini sudah mencapai 77,97 persen," tegasnya.

Asrama merinci, untuk di wilayah Kecamatan Abiansemal terdapat sebanyak 8.738 HPR, Kecamatan Kuta 2.590 HPR, Kecamatan Kuta Selatan 24.994 HPR, Kecamatan Kuta Utara 2.762 HPR, Kecamatan Mengwi 22.787 HPR, dan Kecamatan Petang 8.231 HPR.

"Sampai saat ini kita masih melakukan vaksinasi HPR, kita sudah jadwalkan. Jadi vaskin dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan ke pihak desa/kelurahan," kata Arsama.

Untuk diketahui, guna mempercepat capaian vaksinasi terhadap Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Badung melakukan jemput bola secara door to door. Selain itu, vaksinasi rabies juga dilakukan terpusat di setiap kecamatan maupun di Mangupura Vet Care yang ada di kantor Dinas Pertanian dan Pangan di Puspem Badung. Bahkan layanan yang diberikan kepada warga tidak dipungut biaya alias gratis.

"Masyarakat bisa membawa anjingnya datang langsung ke Mangupure Vet Care di Puspem Badung. Di sana akan dilayani vaksinasi, pengobatan, pemberian obat cacing, vitamin, dan cek kesehatan gratis," kata Asrama. 7 ind

Komentar