nusabali

Tiga KUBE Dapat Bantuan Bibit Babi

  • www.nusabali.com-tiga-kube-dapat-bantuan-bibit-babi
  • www.nusabali.com-tiga-kube-dapat-bantuan-bibit-babi

SINGARAJA, NusaBali - Dinas Sosial Kabupaten Buleleng mengalokasikan bantuan bibit babi yang didistribusikan untuk keluarga miskin yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Total ada tiga kelompok yang menjadi sasaran bantuan yakni KUBE Desa Jagaraga, Desa Menyali di Kecamatan Sawan, serta KUBE Desa Bontihing di Kecamatan Kubutambahan. 

Penyerahan bantuan bibit babi secara simbolis dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana dan diterima langsung perwakilan KUBE di wantilan Desa Adat Bebetin, Kecamatan Sawan, Rabu (21/6).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng I Putu Kariaman Putra menjelaskan bantuan ini bersumber dari APBD Kabupaten Buleleng untuk program khusus pemberdayaan sosial pada fakir miskin. Masing-masing KUBE sasaran diberikan bantuan 10 ekor bibit babi jantan dan betina. 

Bibit babi jantan diproyeksikan untuk penggemukan. Sedangkan bibit babi betina untuk anakan. “Program bantuan bibit ini salah satu upaya pengentasan kemiskinan di Buleleng. Targetnya dengan bantuan bibit ini ada tambahan kegiatan bermanfaat yang bisa meningkatkan pendapatan. Produktivitas kesejahteraan anggota kelompok juga bisa meningkat dari pengembangan ternak ini,” ucap Kariaman.

Pejabat asal Desa Bubunan, Kecamatan Seririt ini pun menambahkan bahwa bibit babi dipilih berdasarkan hasil musyawarah dan usulan kelompok, yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Program pemberdayaan ini pun diharapkan pemerintah dapat berjalan dan berkembang terus. Harapannya keluarga miskin yang tergabung dalam KUBE ke depannya dapat lebih sejahtera dan keluar dari kemiskinan.

“Selain bisa dijual dari penggemukan, kita kan berikan juga bibit betina untuk indukan agar ternak-ternak ini terus berkembang secara berkelanjutan, menjadi penghasilan tambahan keluarga penerima manfaat,” terang Kariaman. 7k23

Komentar