nusabali

Bali United Pelajari Gaya Lee Man FC

Teco : Kompetisi Liga 1 Akan Lebih Menarik

  • www.nusabali.com-bali-united-pelajari-gaya-lee-man-fc

GIANYAR, NusaBali - Kabar kembalinya Lee Man FC sebagai lawan menjadi kabar baik. Sebab, jajaran tim pelatih sejauh ini sudah mulai mempelajari gaya dan taktik bermain skuad runner up kompetisi di Hong Kong tersebut.

Bali United memastikan Lee Man FC dari Hong Kong kembali menjadi lawan di babak kualifikasi Liga Champions Asia, setelah sempat dijadwalkan bertemu Hong Kong Rangers.

"Sejauh ini kami tim pelatih sudah melihat beberapa pertandingan dari Lee Man FC pada 16 Agustus. Semoga kami bisa memberikan yang terbaik ketika bertemu mereka," kata Pelatih Bali United, Stefano ‘Teco’ Cugurra, Rabu (21/6).

Kepastian lawan Bali United adalah Lee Man FC dikonfirmasi kembali melalui laman resmi dan media sosial Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Kabar kembalinya Lee Man FC sebagai lawan Serdadu Tridatu itu juga menjadi kabar baik bagi tim pelatih.

“Sebab, jajaran tim pelatih sejauh ini sudah mulai mempelajari taktikal dari skuad runner up kompetisi tertinggi di Hong Kong tersebut,”kata Teco.

Bila Bali United mampu mengalahkan Lee Man FC, Spasojevic dkk akan melaju ke tahap selanjutnya menghadapi wakil Jepang, Urawa Red Diamonds pada 22 Agustus 2023 dengan waktu dan tempat yang belum ditentukan.

Sementara itu, Teco juga menilai kompetisi Liga 1 2023/2024 akan lebih menarik terkait adanya perubahan fotmat.  Pasalnya, Serdadu Tridatu akan berjuang dalam 34 laga kandang dan tandang. Usai babak reguler series itu, tim empat besar di klasemen akan kembali berlaga di babak championship series. 

Menurut Teco, kompetisi nantinya memang akan lebih panjang. Usai dalam sistem double round robin yang mempertemukan semua tim dalam laga kandang-tandang, juga akan mempertemukan empat tim terbaik di klasemen akhir. 

“Sistem pasti akan lebih menarik dengan pertandingan terakhir untuk masuk empat besar klasemen. Ada empat tim yang konsisten di Liga 1 akan berlaga di babak semifinal hingga final," kata Teco. 

Pelatih asal Brasil mengakui pertandingan akan menjadi sangat menarik dan dukungan suporter juga akan menjadi hal baik hingga laga terakhir perebutan gelar juara. Bali United sendiri akan melakoni laga cukup panjang pada musim 2023/2024 dibandingkan musim sebelumnya. Totalnya, 38 laga. 

Sedangkan soal penerapan Video Assistant Referee (VAR) untuk putaran kedua Liga 1 2023/2024, Teco menilai, peralatan tersebut dapat berguna dan merugikan beberapa negara yang menerapkannya.

Teco berharap penerapannya melalui tahapan kajian yang baik. 

"Ada beberapa negara menerapkan VAR dengan sangat bagus dan ada juga yang tidak bagus karena banyak laga terhenti. Terkadang ada 8-9 menit untuk keputusan wasit dan ini menggangu,” kata Teco.

Pelatih kolektor tiga trofi Liga 1 ini pun berharap agar ada komunikasi yang baik antara wasit di lapangan dengan wasit VAR untuk mengatur jalannya pertandingan dengan baik. dek

Komentar