nusabali

Dua Atlet Bali Dipanggil ke Pelatnas Asian Para Games

  • www.nusabali.com-dua-atlet-bali-dipanggil-ke-pelatnas-asian-para-games

JAKARTA, NusaBali - Dua atlet disable asal Bali dipanggil masuk Pelatnas Asian Para Games (APG) Hangzhou, China pada 22-28 Oktober 2023.

Keduanya, yakni Ni Nengah Widiasih (Widi) di cabor para angkat berat kelas 45 kg dan Ni Made Arianti Putri (Arianti) di cabor para atletik. Ketua National Paralympic Committe (NPC) Bali I Gede Komang Darma Wijaya berharap ada atlet dari Pulau Dewata lagi yang dipanggil mengikuti Pelatnas tersebut.

"Saat ini yang dipastikan masuk Pelatnas Asian Para Games China dari Bali dua orang. Mereka adalah Widi dan Arianti," ujar Komang Darma, Sabtu (17/6). 

Menurut Komang Darma, keduanya sudah dipersiapan di Pelatnas sejak setahun lalu untuk Asian Para Games China. Widi sendiri adalah peraih medali perak Asian Para Games 2018 Jakarta-Palembang. Sedangkan Arianti peraih dua medali perak Asian Para Games 2018 Jakarta-Palembang. 

Saat ASEAN Para Games Kamboja pada 3-9 Juni 2023, kata Komang Darma, mereka turun dan menjadi ajang tes kemampuan bagi kedua atlet itu sebelum turun di Asian Para Games China. Bahkan keduanya menuai hasil bagus di Kamboja. 

Widi mendapat dua medali emas para angkat berat kelas 45 kg di kategori angkatan terbaik seberat 99 kg dan total angkatan seberat 293 kg. Sedangkan Arianti mendapat medali emas di nomor 100 dan 200 meter T12. 

Selain kedua atlet tersebut, ada pula atlet Bali lainnya yang membela Indonesia di ASEAN Para Games Kamboja. Yakni, Ni Nengah Widiasih (Nengah) di para angkat berat kelas 86 kg dan I Komang Suparta di basket kursi roda.

Nengah mendapat dua medali emas di kategori angkatan terbaik seberat 86 kg dan total angkatan seberat 248 kg. Sedangkan Suparta gagal meraih medali di basket kursi roda 3x3 serta 5x5. 

"Bersyukur atas pencapaian atlet Bali di ASEAN Para Games Kamboja yang berhasil menyumbangkan enam medali emas, meski dari Bali hanya ada empat atlet membela Indonesia di sana. Mudah-mudahan Nengah dan Suparta juga bisa dipanggil ke Pelatnas lagi untuk Asian Para Games China," kata Komang Darma.

Terlebih Nengah meraih dua medali emas di ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Dia juga peraih medali perunggu Asian Para Games 2018 Jakarta-Palembang. Dengan prestasi seperti itu, Komang Darma berharap, Nengah bisa dipanggil kembali agar atlet Bali bertambah ke Asian Para Games China.

Terkait basket kursi roda, lanjut Komang Darma, belum diketahui diberangkat atau tidak ke Asian Para Games 2023 China. Jika cabang olahraga tersebut diberangkatkan, Komang Darma yakin Komang Suparta bakal dipanggil kembali mengikuti Pelatnas. 

"Saat ini, Suparta sudah berada di Bali. Semoga dia mendapat panggilan Pelatnas lagi," ucap Komang Darma. k22

Komentar