nusabali

Desa Dalung Kedatangan Tim Verifikasi Nasional Kampung KB, Perbekel: Kami Siap Menerima Piala

  • www.nusabali.com-desa-dalung-kedatangan-tim-verifikasi-nasional-kampung-kb-perbekel-kami-siap-menerima-piala

MANGUPURA, NusaBali.com - Pemerintah Desa Dalung menjadi wakil Provinsi Bali yang lolos 10 Besar Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Terbaik tingkat Nasional Tahun 2023. Perbekel Dalung menyatakan siap menang.

Optimisme ini disampaikan Perbekel Dalung I Gede Putu Arif Wiratya saat menerima Tim Verifikasi 10 Besar Kampung KB Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023. Tim dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu dipimpin H Novrizal, Selasa (23/5/2023) siang.

"Bapak, Ibu, yang hadir hari ini dari Tim Verifikasi tidak akan sia-sia datang di Desa Dalung. Karena secara pribadi dan lembaga desa, saya siap untuk menerima piala nanti di sana (Jakarta)," kata Arif sesumbar yang disambut tepuk tangan meriah dan senyum jajaran Tim Verifikasi.

Keoptimisan Arif lantaran kesempatan verifikasi pada Selasa siang adalah yang ketiga setelah berproses dari tingkat Kabupaten Badung, Provinsi Bali, dan menjadi wakil Bali di tingkat nasional. Di samping itu, masyarakat Dalung yang berjumlah 23.239 jiwa telah bersinergi terlepas dari heterogenitas.

Arif mengakui bahwa Desa Dalung tidak seperti desa pariwisata yang berpegang pada keindahan alam seperti beberapa desa di Kecamatan Kuta Utara. Oleh karena itu, sektor sumber daya manusia (SDM) selalu menjadi prioritas karena Arif menganggap SDM Desa Dalung sebagai kekuatan, termasuk urusan KB.

"Soal keluarga berkualitas atau KB ini, kami di Desa Dalung sudah memerhatikan sejak tahap calon pengantin atau catin ini sehat jasmani dan rohani. Kemudian sampai perkawinan, berkeluarga, hamil, dan memiliki keturunan itu benar-benar kami perhatikan," imbuh pimpinan desa yang terdiri dari 23 banjar.

Selain itu, Desa Dalung juga dikatakan Arif mendukung program Gerakan Badung Sehat pada 1000 Hari (Garbasari) Pertama Kehidupan. Untuk itu, perempuan hamil didukung gizi dan fasilitas kesehatan. Begitu bayi lahir, ada Kader Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang mengawal asupan gizi pasca kelahiran.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi H Novrizal menjawab optimisme Perbekel Dalung lewat pantun. Mantan Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali ini merimakan jawabannya bahwa Desa Dalung memang calon juara.

"Data yang sudah terkumpul sebelumnya kemudian diunggah ke pusat data itu kami pantau perkembangannya dari jauh. Hari ini kami datang untuk mengetahui kondisi faktualnya," ungkap Novrizal.

Selain mencocokkan angka dan data, Tim Verifikasi pimpinan Pejabat Fungsional Utama dan Penyuluh KB Ahli Utama BKKBN Pusat ini juga bakal berdialog dengan komponen KB Desa Dalung.

Lanjut Novrizal, keuntungan atau keunggulan Desa Dalung adalah karena lokasinya di Kabupaten Badung. Di mana, merupakan salah satu kabupaten dengan tingkat stunting terendah se-Indonesia.

Kata Novrizal, angka stunting di Badung menurut Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) adalah 6 persen.  Sedangkan hanya 2 persen menurut versi Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM).

Desa Dalung sendiri sudah dicanangkan sebagai Kampung KB sejak Maret 2016 atau dua bulan sejak program ini diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo di Cirebon, Jawa Barat. Saat ini, status Kampung KB dari desa dengan 5.787 kepala keluarga sudah terklasifikasi 'berkelanjutan'.

"Mari berdiskusi berbagai masukan sehingga keinginan Bapak dan Ibu di sini untuk jadi pemuncak di tingkat nasional, insya Allah bisa tercapai," tandas Novrizal. *rat

Komentar