nusabali

Veddriq Rebut Emas, Desak Rita Perak

Panjat Tebing IFSC World Cup Salt Lake City

  • www.nusabali.com-veddriq-rebut-emas-desak-rita-perak

Jakarta (ANTARA) - Atlet panjat tebing speed putri Indonesia asal Bali, Desak Made Rita Kusuma Dewi meraih medali perak dalam rangkaian Piala Dunia Panjat Tebing atau IFSC World Cup 2023 dalam Seri Salt Lake City, Amerika Serikat, Minggu (21/5).

Desak Made Rita mencatatkan waktu 6,82 detik, dan kalah dari lawannya asal Polandia Aleksandra Miroslaw yang finis di urutan pertama dengan catatan waktu 6,43 detik.

Selanjutnya dalam dalam kejuaraan di tempat yang sama pada Senin (22/5), Veddriq Leonardo (26 tahun) memastikan medali emas pada nomor speed putra. Veddriq mengalahkan atlet China Peng Wu, dengan catatan waktu 4,95 detik, dan lawannya 6,99 detik.

 Sepanjang musim 2023 ini, Veddriq tampil mengesankan. Sebelumnya, di IFSC World Cup 2023 Seri Seoul, Korea Selatan pada 30 April, Veddriq meraih juga emas dan memecahkan rekor dunia. Veddriq menjadi atlet panjat tebing tercepat di dunia usai dalam kualifikasi membukukan 4,98 detik, memecahkan rekor dunia milik pemanjat tebing Indonesia lainnya, Kiromal Katibin dengan 5,00 detik dalam IFSC World Cup 2022 di Chamonix, Prancis pada 8 Juli 2022.

Lalu saat Ketika Indonesia menjadi tuan rumah IFSC World Cup 2023 pada 7 Mei, Veddriq hanya mampu menempati posisi kelima. Kini, dia menebus kegagalan tersebut di Salt Lake City.

Selain emas, Indonesia juga membawa pulang satu perunggu melalui atlet speed putra Kiromal Katibin setelah mencatatkan waktu 4,98 detik, mengalahkan wakil tuan rumah Samuel Watson dengan 5,98 detik pada perebutan posisi ketiga.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid sangat puas dengan raihan keduanya setelah mereka tampil mengesankan di final dengan catatan waktu di bawah 5 detik.
 
“Tentu ini menjadi hasil positif yang sangat mengesankan bagi saya. Mereka mampu menyelesaikan final di bawah 5 detik. Ini adalah progres yang sangat luar karena mereka selalu menampilkan kemajuan dalam setiap penampilannya,” ujar Yenny Wahid dalam rilisnya, Senin.
Yenny berharap penampilan seluruh atlet speed Indonesia bisa terus konsisten untuk mencapai target lolos ke Olimpiade XXXIII/2024 di Paris, Prancis. ant

Komentar