nusabali

FPTI Gunakan Teknologi Kawal Latihan Desak Rita Dkk

  • www.nusabali.com-fpti-gunakan-teknologi-kawal-latihan-desak-rita-dkk

JAKARTA, NusaBali - Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menerapkan teknologi perekaman dalam mengawal progres latihan atlet panjat tebing yang lolos Olimpiade Paris 2024, yakni atlet putra Rahmad Adi Mulyono dan atlet putri Desak Made Rita Kusuma Dewi. Saat keduanya sedang menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Bekasi.

"Setiap latihan atlet di pelatnas kami rekam dengan alat perekam sehingga gerakan atlet terus dievaluasi," kata Sekjen Pengurus Pusat FPTI Florenciano Hendricus Mutter, Kamis (4/4).

Jumlah atlet yang lolos Olimpiade Paris, kata Hendricus, berpeluang besar bisa bertambah lagi karena masih ada kejuaraan kualifikasi yang akan diikuti, yakni di China dan Amerika Serikat.

Hendricus mengatakan, pihaknya memproyeksikan enam atlet panjat tebing pada nomor speed dan nomor combine lolos ke Olimpiade Paris. Atlet-atlet yang lolos Olimpiade maupun yang dipersiapkan ikut kualifikasi saat ini menjalani pelatnas di Bekasi, Jawa Barat.

Dalam proses latihan, kata Hendricus, progres gerakan para atlet terus dievaluasi melalui penerapan sport sciene menggunakan teknologi perekam gambar dengan kamera maupun handphone.

Hendricus menyebutkan salah satu aspek penting yang terus dikawal dalam latihan atlet yaitu berkaitan kecepatan gerakan karena setiap kesalahan gerakan akan sangat berpengaruh terhadap capaian waktu.

"Dalam pertandingan final itu rata-rata capaian waktu 5 detik ke bawah sehingga kesalahan apapun harus dihindari. Itu yang terus kami tekankan kepada para atlet," kata Hendricus. ant

Komentar