nusabali

Kiromal Katibin Raih Perunggu di IFSC World Cup 2024 China

  • www.nusabali.com-kiromal-katibin-raih-perunggu-di-ifsc-world-cup-2024-china

JAKARTA, NusaBali - Atlet panjat tebing Indonesi, Kiromal Katibin menyegel medali perunggu nomor speed putra pada Piala Dunia Panjat Tebing atau IFSC World Cup 2024 Wujiang, China.

Katibin gugur di semifinal saat berhadapan dengan pemegang rekor dunia nomor speed putra, asal Amerika Serikat, Sam Watson. Di babak perebutan peringkat ketiga, Katibin tampil dominan dengan mengunci perunggu setelah mencatatkan waktu 5,07 detik unggul atas atlet Italia, Ludovico Fossali yang mencatatkan waktu 5,16 detik.

Sedangkan atlet andalan tuan rumah China, Wu Peng menyabet medali emas setelah mencatatkan waktu 4,91 detik unggul jauh dari Sam Watson dengan catatan waktu 5,11 detik.

Selanjutnya pemegang rekor dunia, Sam Watson menargetkan meraih medali emas pada IFSC World Cup 2024 di hadapan pendukungnya sendiri di Salt Lake, Amerika Serikat.

"Piala Dunia berikutnya ada di kandang saya, jadi mari kita lihat apakah saya bisa mendapatkan kemenangan," kata Sam Watson.

Hasil ini cukup memuaskan bagi Kiromal Katibin yang akan bersaing memperebutkan satu tiket di kualifikasi Olimpiade 2024 Paris yang akan berlangsung pada Olimpiade Kualifikasi Series di Shanghai, China dan Budapest, Hungaria.

Semenatara itu, atlet panjat tebing Polandia Aleksandra Miroslaw menyegel 12 emas nomor speed putri sepanjang kariernya pada Piala Dunia Panjat Tebing atau IFSC World Cup. Kepastian tersebut diperoleh Miroslaw setelah menjadi yang tercepat pada IFSC World Cup 2024 seri Wujiang, China.

"Saya pikir itu adalah jalan yang sangat sulit menuju emas ini. Saya memiliki banyak emosi dalam kompetisi ini setelah kualifikasi yang tidak terlalu bagus," ujar Aleksandra Miroslaw, Minggu.

Medali emas ini juga membuat Aleksandra Miroslaw bertengger di puncak peringkat dunia bersama atlet panjat tebing andalan Indonesia asal Bali, Desak Made Rita Kusuma Dewi yang sama-sama mengumpulkan 5225 poin. ant

Komentar