nusabali

Dari SEA Games, Criket Tatap Pra PON, Atlet Bali Diminta Jaga Fisik

  • www.nusabali.com-dari-sea-games-criket-tatap-pra-pon-atlet-bali-diminta-jaga-fisik

Evaluasi tetap kita lakukan baik di sektor putra dan putri, khusus untuk putra wajib  menjaga dan memperbaiki kondisi fisik menjadi kunci keberhasilan di masa depan.

DENPASAR, NusaBali
Pengprov Persatuan Cricket Indonesia (PCI) meminta para atlet tetap menjaga fisik, usai tampil di SEA Games XXXII/2023 Kamboja. Tim yang mayoritas diperkuat atlet Bali itu menyumbangkan satu emas, dua perak, dan satu perunggu. 

"Evaluasi tetap kita lakukan baik di sektor putra dan putri, khusus untuk putra wajib  menjaga dan memperbaiki kondisi fisik menjadi kunci keberhasilan di masa depan," kata Ketum Pengprov PCI Bali, Anak Agung  Bagus Tri Candra Arka, Kamis (18/5). 

Menurut pria yang biasa disapa Gung Cok itu,  atlet asal Bali yang memperkuat Timnas yakni Lie Qiao, Ni Kadek Arini, Ni Wayan Sariani, Ni Putu Ayu Nanda Sakarini, Ni Luh Ketut Wesika Ratna Dewi, dan Ni Kadek Fitria Rada Rani. Sedangkan putranya, yakni Gede Agus Priandana, I Ketut Edi Guna Artawan, Ferdinando Bunaek, Gede Yogi Prastama, Danilson Johanis Hawoe, I Kadek Dharmawan, Ketut Arya Pastika, dan I Kadek Gamantika. 

"Sebagian besar atlet tadi akan kembali memperkuat Bali saat Pra PON cabor cricket pada 21 Juli - 2 Agustus 2023 di Lapangan Cricket Unud, Jimbaran Badung," kata Gung Cok, yang juga Sekum Kodrat Bali itu. 

Gung Cok menegaskan fisik masih terlihat belum begitu kuat, sehingga mental dan fisiknya perlu ditingkatkan juga. Terlepas kualitas teknik sudah sangat bagus, tetapi fisiknya perlu ditingkatkan lagi kedepannya. 

"Fisik dan mental harus tetap kita jaga dengan baik, apalagi setelah sukses menunjukan prestasi gemilang di ajang SEA Games Kamboja. Setelah sebelumnya belum pernah dapat medali emas, akhirnya sekarang dapat terpecahkan medali emas pada kategori Sixes dalam pertandingan di AZ Cricket Oval Phnom Phen, Rabu (10/5) lalu. Selain meraih medali emas, sektor putri juga meraih 2 perak di nomor T20, dan kategori fiveteen over ( 50 over). Sedangkan tim putra hanya mampu menyumbangkan medali perunggu. 

"Perjuangan di ajang SEA Games Kamboja sudah sangat luar biasa, dari sebelumnya hanya meraih medali perunggu. Ini pertanda peningkatan yang luar biasa," tegas Gung Cok. 

Dengan demikian, kata Gung Cok, pihaknya sangat berbangga sebagai orang nomor satu di cabor cricket Bali yang juga mampu memberikan kontribusi maksimal untuk Timnas Indonesia. Optimisme tinggi PCI Bali cukup berasalan, karena atletnta mendominasi Timnas SEA Games Indonesia. 

Dari hasil kalkulasi, Bali diprediksi hanya mendapatkan saingan berat dari atlet Cricket DKI Jakarta saat Pra PON nanti. Gung Cok menilai, keenam medali emas di Pra PON Cricket diyakni dari Kategori Super Sixes Putri, Kategori Super Sixes Putra, Kategori Super Eight Putri, Kategori Super Eight Putra, Kategori Twenty-twenty Putri, Kategori Twenty-twenty Putra. 

Dengan demikian cricket sejatinya hanya mempertandingkan tiga kategori, di sektor putra dan putri, makanya akumulatif memperebutkan enam medali emas. Bali sendiri menargetkan meraih 4 emas, sekaligus mempertahankan status juara umum. dek

Komentar