nusabali

Diterjang Angin Kencang, Padi Roboh

  • www.nusabali.com-diterjang-angin-kencang-padi-roboh

SEMARAPURA, NusaBali - Tanaman padi yang sudah menguning di Subak Kacangdawa, Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung roboh diterjang hujan deras dan angin kencang, Rabu (10/5). Petani terpaksa memanen padinya lebih dini agar kerugian tidak tambah banyak.

Petani setempat, Kusnadi mengatakan bulir-bulir padi rontok sehingga padi harus segera dipanen. “Sudah saya panen seluas 30 are,” ujar Kusnadi. Jika padi roboh dibiarkan terlalu lama menyentuh tanah maka bulir padi bisa tumbuh berkecambah sehingga harga semakin anjlok. Padi yang roboh di Subak Kacangdawa masih termasuk normal sehingga masih banyak bisa diselamatkan.

Kadis Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida mengatakan cuaca tidak menentu sangat mempengaruhi kondisi pertanian. Hujan saja tidak masalah, namun angin kencang membuat tanaman roboh. Organisme penganggu tanaman berkembang pesat di saat cuaca tidak menentu. “Kami sudah melakukan pendampingan ke petani untuk selalu mengantisipasi kemungkinan gagal panen dan menggencarkan asuransi usaha tani,” ujar Juanida. 7 wan

Komentar