nusabali

Renovasi Tembok Penyengker Pantai Samigita Segera Dikerjakan

  • www.nusabali.com-renovasi-tembok-penyengker-pantai-samigita-segera-dikerjakan

MANGUPURA, NusaBali - Renovasi tembok penyengker pantai kawasan Samigita (Seminyak, Legian, Kuta) mulai dikerjakan pada pertengahan Mei ini. Alhasil sejumlah pedagang yang memanfaatkan areal sekitar diminta segera pindah, hal ini demi kenyamanan, kemanan dan kelancaran selama proyek renovasi berlangsung.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Badung Ida Bagus Surya Suamba, mengatakan minggu ini Pemkab Badung akan menandatangani kontrak dengan pemenang tender. Setelah itu akan berkoordinasi dengan pihak Desa Adat Kuta, terkait pemindahan pedagang yang ada disamping trotoar jalan pantai. Dengan demikian, proyek yang memiliki durasi pengerjaan selama lima bulan itu dapat diselesaikan dengan baik.

“Kami masih sedang akan berkomunikasi dengan pihak desa adat terkait pemindahan pedagang. Kami berikan batas waktu sampai pertengahan Mei ini agar di sana sudah kosong. Ya, hal ini dikarenakan proses pengerjaan akan sulit dilakukan jika di sana ada pedagang,” kata Surya Suamba, Jumat (5/5).

Dikatakan, panjang proyek renovasi itu sekitar 4 kilometer, dengan ketinggian penyengker 50-60 centimer, lebih rendah dari kondisi saat ini. Adapun tembok penyengker yang direnovasi adalah yang berbahan batu putih, untuk kemudian diperpendek dan diganti dengan bata seperti yang ada di Seminyak.

Bukan itu saja, dalam renovasi ini ada sejumlah penyesuaian di lapangan. Seperti di depan kawasan Beachwalk yang saat ini tertutup nantinya akan dibuka untuk menambah view publik. Beberapa aling-aling juga dilakukan penyesuaian dengan diperpendek dan ada juga yang dihilangkan. Namun hal itu tidak termasuk mengurangi akses masuk saat ini ke pantai.

“Pada intinya masih sama seperti yang dulu, cuma kita ganti material, perpendek tinggi penyekernya dan lakukan penyesuaian. Untuk kondisi candi bentar akan tetap sama di sana dengan ukuran sama, begitu juga yang lain,” tukasnya. 7 dar

Komentar