nusabali

POSSI Bali Geber Empat Program Prioritas

  • www.nusabali.com-possi-bali-geber-empat-program-prioritas

MANGUPURA, NusaBali - Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bali akan  menggeber empat program prioritas pada tahun 2023. 

Empat program tersebut berdasarkan hasil rapat kerja provinsi (rakerprov) cabang olahraga selam di Taman Tirtha, Mengwi Badung. 

Keempat program kerja tersebut yakni Pelatihan Wasit lisensi W1 dan W2, Pelatihan Pelatih Selam lisensi A1 POSSI, program sport tourism Kejurnas Badung Cup pada bulan Agustus dan Kejurda diakhir tahun 2023. 

Sedangkan khusus atlet Pra PON akan diikutkan pelatihan A1 selam untuk mengejar Nomor Induk Atlet Selam (NIAS).  

Menurut Ketua Umum Pengprov POSSI Bali, Bagus Partha Wijaya, Rabu (3/5), pelatihan wasit dan pelatih ini menjadi hal yang diutamakan dan akan dilakukan sebagai wujud peningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di wasit dan pelatih. Peningkatan kualitas wasit dalam memimpin pertandingan, dan kualitas pelatih harus terus ditingkatkan dengan harapan akan linier dengan peningkatan prestasi. 

"Dua hal ini sangat berkaitan dengan suksesnya prestasi," tegas Bagus Partha.  

Bagus Partha Wijaya mengatakan, atlet PON juga direncanakan menempuh pelatihan A1 selam POSSI terlebih dahulu sebagai persyaratan administrasi yang dibutuhkan sebagai atlet selam sekaligus juga melengkapi persyaratan lainnya seperti Nomor Induk Atlet Selam (NIAS). 

Pria yang juga kini menempuh S3 Hukum di Unud Denpasar juga mengatakan berikutnya POSSI Bali ingin memfasilitasi atlet untuk bertanding. Levelnya juga internasional dengan menghadirkan peserta dari luar dalam konteks sport tourism Kejurnas Badung Cup. Peserta atlet dari luar negeri, dan atlet selam terbaik di Indonesia akan ambil bagian,  sehingga momen ini bagus untuk melihat persaingan di level nasional. 

Sedangkan event  lokal Bali difasilitasi lewat Kejurda yang pesertanya murni lokal Bali. Perkembangan atlet selam di semua daerah akan dapat kita lihat dan pantau lewat Kejurda. 

Bagus Partha menambahkan, rakerprov belum lama ini selain membahas rencana program kerja 2023 POSSI Bali, juga untuk membahas persiapan Porsenijar yang akan digelar 24 - 25 Juni 2023. Berikutnya juga membahas persiapan tim Pra PON Bali yang saat ini telah mengantongi sebanyak 18 atlet masuk sebagai bayangan tim Pra PON Bali dengan sistem promosi dan degradasi. 

Mereka diproyeksikan mewakili Bali ke ajang Pra PON cabang olahraga selam yang bakal digulirkan pada 16 - 23 Juli 2023 nanti di Kolam Renang Aquatik Gelora Bung Karno, Jakarta. Disatu sisi, meski telah mengantongi tim bayangan, namun POSSI Bali masih konsisten untuk menerapkan sistem promosi dan degradasi.dek

Komentar