nusabali

Setelah 33 Tahun, Napoli Bisa Raih Scudetto Pekan Ini

  • www.nusabali.com-setelah-33-tahun-napoli-bisa-raih-scudetto-pekan-ini

NAPLES, NusaBali - Napoli kian dekat dengan gelar scudetto Serie A musim 2022/2023. Bahkan, dengan skenario paling cepat, Napoli dapat merayakan gelar akhir pekan ini saat menjamu Salernitana, di Stadion Diego Maradona, Sabtu (29/4) malam, pukul 21.00 Wita.

Kali terakhir I Partenopei jadi kampiun Serie A Italia pada musim 1989-1990 saat masih diperkuat sang legenda Diego Maradona. Kini, satu tangan Napoli sudah memegang trofi juara perdana stelah era Maradona.

Ya, Napoli akan meraih scudetto jika mampu menang atas Salernitana. Sedangkan pada laga lainnya, Lazio harus gagal menang atas Inter Milan. Secara matematis, Lazio masih punya kans meraih scudetto, meski sangat kecil. Selisih poin kedua tim 17 angka. Napoli punya 78 poin dari 31 laga dan  Lazio dengan 61 poin.

Meski demikian, ada potensi laga Napoli vs Salernitana ditunda dan dimainkan pada hari Minggu (30/4). Alasannya, laga diharapkan digelar bersamaan dengan duel Inter vs Lazio pada Minggu. Alasan kedua, Lega Serie A sedang menimbang potensi peningkatan status keamanan karena antusiasme fans Napoli.

Jika menang lawan Salernitana, Napoli mendapat 81 poin. Sedangkan, jika imbang lawan Inter, poin Lazio menjadi 62. Dengan enam laga tersisa, Lazio tidak bisa mengejar Napoli karena tambahan poin maksimalnya 18, hingga Cuma 80 poin.

Fans Napoli tahu betul perhitungan poin di atas. Hal tersebut membuat mereka memborong tiket laga lawan Salernitana. Tak ada jatah tiket untuk fans tandang. Semua tiket yang dicetak sudah ludes terjual.

Sementara sukses timnya yang tinggal selangkah lagi mengunci gelar scudetto, membuat mantan bek Napoli Fabio Cannavaro mengaku senang dengan pencapaian tersebut. Bek legendaris Gli Azzurri itu menyebut keluarnya Napoli sebagai juara akan bagus untuk Liga Italia. Cannavaro menjelaskan dominasi Napoli di Liga Italia membuat tim lain mencari fokus alternatif.

Hasilnya, Liga Italia mampu mengirim lima tim di semifinal tiga kompetisi top Eropa. Tim-tim seperti Juventus, AS Roma, Fiorentina, serta duo Milan mampu berprestasi di Eropa tidak lepas dari dominasi Napoli di Liga Italia.

Cannavaro mengaku senang dengan langkah positif yang ditunjukkan lima tim Italia di semifinal musim ini. Langkah tersebut mengembalikan nama besar Italia sebagai kekuatan yang diperhitungkan di Eropa. Cannavaro berharap banyak tim Italia yang bisa meneruskan prestise internasional layaknya Sevilla bagi Liga Spanyol.*

Komentar