nusabali

BPBD Jembrana Terima Mobil Dapur Umum, Sekali Masak Bisa 500 Porsi

  • www.nusabali.com-bpbd-jembrana-terima-mobil-dapur-umum-sekali-masak-bisa-500-porsi

NEGARA, NusaBali
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana menerima bantuan satu unit mobil dapur umum atau dapur portable dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (16/2).

Mobil dapur umum ini diestimasikan bisa untuk memasak sebanyak 500 porsi makanan dalam sekali masak.  Kepala Pelaksana BPBD Jembrana I Putu Agus Artana mengatakan, bantuan mobil dapur umum itu, diberikan melalui usulan langsung ke BNPB. Bantuan mobil dapur umum ini, diberikan untuk penanggulangan bencana di Jembrana.

Terlebih Jembrana kerap menghadapi bencana banjir besar yang mengharuskan warga mengungsi dan memerlukan dapur umum. "Ini mobil dapur umum pertama kita di BPBD Jembrana. Tetapi selain di kita, Dinsos (Dinas Sosial Jembrana) juga punya (mobil dapur umum)," ujarnya.

Menurut Agus Artana, mobil dapur umum dari BNPB ini juga dirancang serbaguna di lokasi bencana alam. Modifikasi dilakukan di bagian belakang kendaraan, diubah menjadi dapur portable. Akses buka tutup hidrolis juga disediakan untuk bukaan dapur sehingga bagian belakang bisa mengakomodasi bukaan tenda di kanan dan kiri kendaraan.

"Mobil dapur portable ini mampu memasak untuk 500 porsi dalam sekali masak. Dilengkapi tempat penyimpanan tabung gas, dan tersedia empat unit kompor untuk memasak serta wastafel," ucap Agus Artana.

Di mobil dapur umum ini juga dilengkapi penampungan air hingga 250 liter. Di samping itu juga tersedia genset 1.100 watt serta dilengkapi lampu penerangan yang sangat berfungsi di tengah lokasi bencana yang tanpa sumber cahaya atau aliran listrik. "Saat penerimaan tadi, mobil sudah diceck dan siap dioperasionalkan," ujar Agus Artana. *ode

Komentar