nusabali

Dermaga Kedisan Segera Dioperasikan

  • www.nusabali.com-dermaga-kedisan-segera-dioperasikan

BANGLI, NusaBali
Dermaga apung di kawasan Danau Batur, Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Bangli akan segera dioperasikan.

Namun, pembangunan dermaga ini belum tuntas. Tahun 2023, dipastikan pembangunan dermaga akan tuntas dikerjakan.

Kepala UPT Penyebrangan Danau Batur Ketut Nasta mengatakan hal itu, Kamis (17/11). Revitalisasi tiga dermaga ini dengan anggaran dari Kementerian Perhubungan lewat Direktorat Jendral Transportasi Darat Wilayah XII Bali-NTB. Proses pengerjaan dilakukan secara bertahap dimulai tahun 2020.

Tiga dermaga  yang baru rampung dikerjakan yakni Dermaga Desa Trunyan. Sedangkan Dermaga Kedisan dan Kuburan Desa Trunyan, belum tuntas. “Kementerian pada tahun 2023 akan kembali mengalokasikan anggaran kelanjutan pembanguan dua dermaga ini," ungkapnya.

Menurut Ketut Nasta, bangunan pelengkap di Dermaga Kedisan belum tuntas. Namun sudah bisa dioperasikan untuk layani penyeberangan. Menaikkan atau menurunkan penumpang sudah bisa langsung di dermaga apung. Sedangkan untuk parkir/sadar boat berada di sebalah dermaga. Bangunan pendukung yang akan dibangun, di antaranya, kantor, ruang tunggu, dan menyelesaikan banguan sayap kiri dan kanan dermaga.

Disinggung untuk tarif penyeberangan di danau ini, jelasnya, masih menggunakan tarif lama, sesuai Peraturan Bupati Bangli No : 551.4/36/2020. Karena ada  kenaikan harga bahan bakar, tentu akan ada rencana penyesuaian tarif. "Saat ini pemerintah akan memberikan subsidi selama tiga bulan dari Oktober sampai Desember. Penyesuaian tarif setelah subdisi berakhir. Untuk subsidi sampai saat ini memang belum diterima," imbuhnya. *esa

Komentar