nusabali

Adi Arnawa Siapkan Masterplan Penataan Desa Wisata Cemagi

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-siapkan-masterplan-penataan-desa-wisata-cemagi

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung berencana membuat masterplan penataan desa wisata yang ada di Cemagi, Kecamatam Mengwi.

Dengan membuat masterplan yang komprehensif, diharapkan desa wisata dapat semakin berkembang dan mendatangkan banyak wisatawan, sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badung juga meningkat.

Rencana membuat masterplan penataan desa wisata disampaikan langsung Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa usai memantau kondisi desa wisata di Cemagi, Kecamatan Mengwi, Minggu (23/10). Bersamaan dengan kegiatan jalan sehat serangkaian HUT Ke-22 Koperasi Sari Sedana Artha (KOPSSA), bertempat di Natar Pura Gede Luhur Batu Ngaus Desa Wisata Cemagi.

“Hari ini (kemarin) seusai pelepasan jalan sehat kami bersama perangkat Desa Cemagi melihat, memantau kondisi Desa Wisata di Cemagi. Kawasan ini kelihatannya perlu direvitalisasi secepatnya, dengan harapan objek wisata baru maupun pendapatan masyarakat di sini bisa meningkat dan dari segi PAD Kabupaten Badung juga meningkat. Ke depan memang kita harus membuat master plan yang komprehensif,” ujar Adi Arnawa.

Menurut Adi Arnawa, apa yang sudah disampaikan oleh para tokoh-tokoh yang ada Desa Cemagi, sangatlah mendesak dalam rangka menghindari terjadinya abrasi yang berkelanjutan yang ada di Pura Batu Ngaus Desa Cemagi saat ini. “Objek wisata di sini sangatlah bagus. Saya perintahkan kepada tim untuk melihat secara langsung, selanjutnya akan dibuatkan masterplan, seiring dengan perkembangan dan geliat perekonomian kita,” katanya.

“Sudah saatnya Badung ini membuat destinasi-destinasi baru dengan cara melakukan revitalisasi termasuk melakukan identifikasi. Contohnya di Kuta kita membuat revitalisasi, sepanjang Pantai Kuta, termasuk di Pura Batu Ngaus,” imbuh Adi Arnawa.

Sementara itu Ketua KOPSSA I Nyoman Suanda, mengatakan dalam rangka HUT Ke-22 KOPSSA, yakni melaksanakan kegiatan di Desa Wisata Pantai Cemagi. Momentum ini sangatlah penting buat keluarga besar KOPSSA, dikarenakan di satu sisi pihaknya menghadirkan seluruh gerakan koperasi di Desa Cemagi, kepada calon anggota koperasi juga dihadirkan untuk memeriahkan, memberikan apresiasi terhadap perkembangan KOPSSA yang sudah ikut bergabung dari tahun 2000. “Jalan sehat diikuti oleh 2.500 peserta ini juga diisi kegiatan bersih-bersih di seputaran Desa Wisata Cemagi yang ada di Pantai Cemagi. Kami di koperasi juga bergandengan dengan UMKM yang ada di Desa Wisata Cemagi, dengan tujuan kita ingin membangkitkan UMKM, setelah terjadinya pandemi Covid-19. UMKM juga bagian dari KOPSSA, di mana ada 16 UMKM yang ada di Pantai Cemagi,” jelasnya. *asa

Komentar