nusabali

Konjen Tiongkok Denpasar Penuhi 'Janji' Serahkan Bantuan Penanganan Bencana untuk Pemprov Bali

  • www.nusabali.com-konjen-tiongkok-denpasar-penuhi-janji-serahkan-bantuan-penanganan-bencana-untuk-pemprov-bali

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah negara Tiongkok melalui Konsulat Jenderal Tiongkok di Denpasar menyerahkan bantuan berupa peralatan penanggulangan kebencanaan kepada Pemerintah Provinsi Bali bertempat di Kantor BPBD (Badan Penanggulangam Bencana Daerah) Provinsi Bali, Jalan DI Panjaitan, Niti Mandala, Denpasar, Kamis (29/9).

Bantuan merupakan tindak lanjut audiensi Konjen Tiongkok dengan Gubernur Bali Wayan Koster pada bulan Mei 2022. Pada saat itu Gubernur Koster meminta agar Konjen Tiongkok dapat mendukung Pemerintah Bali dalam penanggulangan bencana.

Adapun bantuan yang diberikan berupa 4 unit laptop, 30 unit HT, 150 set seragam PDL, 20 unit meja lipat, dan 100 unit kursi lipat.

“Waktu saya berbicara dengan Bapak Gubernur, beliau juga menyampaikan kepada saya kalau mungkin agar ada dukungan kepada BPPD Provinsi Bali. Inilah sebabnya kami menggunakan sebagian dana program bantuan kami untuk diserahkan kepada BPBD,” ujar Zhu Xinglong, Konjen Tiongkok di Denpasar.

Ia juga menyampaikan bahwa hubungan Tiongkok dengan Indonesia saat ini sangat baik terlebih di bidang penanganan pandemi Covid-19. Tiongkok telah banyak membantu memasok vaksin Covid-19 ke Indonesia dan juga sedang membantu Indonesia untuk memproduksi vaksin Covid-19 di dalam negeri. Selain itu dalam pemulihan ekonomi Bali, Konjen Tiongkok juga telah berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat Bali agar bisa bangkit kembali.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Bali Gede Agung Teja Bhusana Yadnya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan Konjen Tiongkok. Ia menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan oleh Konjen Tiongkok adalah kebutuhan prioritas BPBD Bali saat ini yang sangat diperlukan untuk mendukung penanggulangan kebencanaan di Provinsi Bali.

Di samping itu ia menyampaikan BPBD Bali ingin menjalin komunikasi, koordinasi, dan belajar lebih banyak dengan Pemerintah Tiongkok khususnya di bidang kebencanaan. “Kami menyadari bahwa Tiongkok sebagai salah satu negara terbesar, kami yakin perkembangan teknologi kebencanaan di sana sangat advance untuk ditiru dan diaplikasikan untuk keselamatan rakyat Bali,” imbuhnya. *cr78

Komentar