nusabali

Menang Dramatis, Perseden Singkirkan PS Badung

  • www.nusabali.com-menang-dramatis-perseden-singkirkan-ps-badung

MANGUPURA,NusaBali.com - Perseden Denpasar memastikan langkahnya ke final kompetisi Liga 3 zona Bali, setelah menang dramatis atas tim PS Badung dengan skor 3-2 di Stadion Yoga Perkanthi, Jimbaran, Badung, Rabu (14/9/2022) sore.

Bermain di hadapan ratusan penonton yang memadati stadion, jalannya pertandingan berjalan seru dan menegangkan, kedua tim sama-sama memainkan sepakbola menyerang sejak peluit babak pertama dibunyikan wasit Khotib Ibnu Hazar asal Jembrana.

Skuad Laskar Catur Muka sempat unggul dahulu melalui tembakan jarak jauh bek kirinya Rival Adi Prastama di menit 18, tetapi PS Badung yang bermain ngotot membalikkan keadaan melalui tendangan penalti sang kapten Angga Pratama Wicaksana dan gelandang Kadek Dwi Devayana dimenit 69 dan 72.

Tertinggal 1-2 skuad Perseden yang diarsiteki Made Pasek Alit akhirnya terselamatkan ketika wasit menunjuk titik putih setelah seorang pemain Perseden dijatuhkan di kotak terlarang.

Walaupun keputusan itu mendapat protes keras dari pemain PS Badung yang menganggap pelanggaran terjadi diluar kotak penalti.

Tak mau melepas kesempatan, kapten Perseden Polycarpus Patristo mengeksekusi dengan tenang tendangan penalti dimenit 85 tersebut sehingga mengubah keadaan menjadi sama kuat 2-2.

Dan memasuki menit-menit akhir babak kedua ketika pertandingan seakan berakhir imbang dan akan dilanjutkan ke babak extra time, Perseden mendapat keajaiban.

Berawal dari tendangan melambung ke area pertahanan PS Badung, terjadi kemelut di depan gawang dan sang penjaga gawang PS Badung Hendra Giri keluar dari sarangnya untuk menghalau bola atas tersebut.

Tetapi sial sembari menepis bola sang kiper terjatuh, dan bola liar tersebut mendarat di kaki pemain Perseden Genta Athif.

Genta Athif yang mendapat bola itu akhirnya dengan mudahnya mencocor bola ke gawang PS Badung yang sudah kosong melompong dan terjadilah gol.

Skor pun berubah menjadi 3-2 sampai akhir babak kedua yang menyisakan waktu kurang lebih dua menit. Perseden pun akhirnya menang dan memastikan satu tempat di final.

Manajer Perseden, Made Diatmika mengaku bersyukur atas kemenangan yang diraih pemain asuhannya, menurutnya tim kebanggaan masyarakat kota Denpasar ini, telah menunjukkan mentalitas pemenang dalam pertandingan yang berlangsung ketat.

"Astungkara anak-anak dapat melewatinya meskipun tadi banyak insiden yang menegangkan dan akhirnya kami bisa menang dan bersiap menatap pertandingan final," ujarnya.

Dengan kemenangan ini, Diatmika mengatakan timnya kini menatap partai final, walaupun sejak awal Perseden tanpa target dalam menjalani Liga 3 zona Bali ini.

"Mau tak mau di final nanti kami akan semangat untuk menampilkan yang terbaik, semoga bisa menjadi juara kembali," ungkap Diatmika seraya menambahkan sebagai juara bertahan musim lalu, Perseden akan habis-habisan merebut kembali gelar juara.

Di lain pihak manajer tim PS Badung Wayan Sugita Putra menyoroti keputusan wasit saat insiden yang menyebabkan terjadinya gol penalti, sehingga Perseden dapat menyamakan kedudukan.

Senada dengan hal tersebut salah satu Exco Askab PSSI Badung, Ida Bagus Wisnu Wardana juga menyayangkan pengambilan keputusan yang kontroversial tersebut dan berharap ke depannya Komite wasit Asprov PSSI Bali dapat meningkatkan kualitas sumber daya dunia perwasitan di Bali.

"Beginilah sepakbola segala hal bisa terjadi di lapangan, tetapi secara keseluruhan kedua tim telah tampil bagus, secara pribadi saya ucapkan selamat untuk Perseden," ujarnya.

Sementara setelah memastikan satu tiket di final, Perseden masih menunggu pemenang semifinal lainnya antara tim PSAD Udayana vs Singaraja ZFP, kedua tim akan beradu kekuatan, Kamis (15/9/2022) sore. 

Selanjutnya untuk puncak perhelatan Liga 3 zona Bali, akan digelar Minggu (18/9/2022).*aps

Komentar