nusabali

Jembatan Kelating-Tibubiu Berlubang

  • www.nusabali.com-jembatan-kelating-tibubiu-berlubang

Masyarakat di Desa Kelating dan Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Tabanan dambakan perbaikan jembatan Yeh Lating.

TABANAN, NusaBali

Sebab jembatan penghubung dua desa tepatnya di Banjar Dauh Yeh, Desa Kelating dengan Banjar Tegal Tamu, Desa Tibubiu itu kembali berlubang. Selama ini lubang pada jembatan itu diuruk tanah.

Warga Desa Kelating, Kadek Ari mengatakan, jembatan Yeh Lating kembali berlubang sejak dua minggu lalu. Lebar jembatan penghubung dua desa itu 3 meter. Sementara lubang pada jembatan itu berdiameter sekitar 1,75 meter. “Hanya sisi kanan dan kiri jembatan yang ditembel dengan paras (batu padas),” terang Kadek Ari, Minggu (16/4). Hanya yang berjiwa nekat saja berani melalui jembatan ini. Selebihnya mereka arus putar arah. Jika warga Kelating mau ke Desa Tibubiu maka harus lewat Desa Kerambitan, sepanjang 10 kilometer. Demikian pula sebaliknya, dari Desa Tibubiu ke Desa Kelating harus lewat Desa Kerambitan.

Sumber NusaBali lainnya mengatakan, jembatan penghubung Kelating-Tibubiu tembus pantai Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Tabanan itu dibuat pada tahun 2000. Pembangunan jembatan penghubung itu merupakan program ABRI Masuk Desa (kini disebut TMMD: TNI Manunggal Membangun Desa). Jembatan tersebut beralaskan besi memanjang sebanyak 4 buah. Di atas besi dipasangi papan kayu. Kondisi papan kayu telah rusak dan kini digantikan balok kayu. “Sejak ada aktivitas galian C, truk sarat muatan batu padas lalu lalang sehingga jembatan cepat rusak,” imbuh warga lainnya. Warga berharap, jembatan ini cepat diperbaiki. * k21

Komentar