nusabali

Pohon Tumbang Timpa Tiang PLN dan Rumah

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-tiang-pln-dan-rumah

MANGUPURA, NusaBali
Sebuah pohon kelapa tumbang dan menimpa tiang listrik dan rumah milik warga di wilayah Basangkasa, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta, Badung Jumat (19/8) siang.

Beruntung saat kejadian tidak ada aktivitas di lokasi, sehingga tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Tumbangnya pohon kelapa itu diduga karena kondisi akar sudah lapuk. Kepala Lingkungan Banjar Basangkasa I Nengah Mardawa, bencana pohon tumbang terjadi sekitar pukul 14.00 Wita. “Begitu ada musibah, petugas dari BPBD, PLN, dibantu Linmas langsung turun ke lokasi. Dari informasi, PLN akan segera mengganti tiang itu dengan yang baru,” katanya.

Dijelaskan, pohon kelapa yang tumbang itu berada di area salah satu hotel di kawasan tersebut. Pohon itu tumbang karena mengalami pelapukan, karena sudah berumur cukup tua. Pohon itu kemudian menimpa kabel listrik, dan menarik tiang listrik hingga ikut roboh. Tiang itu tumbang dan menimpa tiang provider. Hal ini dikarenakan jarak antara pohon kepala dengan tiang itu memang cukup dekat, yaitu sekitar 6 meter. Barulah setelah itu pohon tumbang mengenai atap rumah milik Ketut Widiana. Syukur saat itu Widiana dan keluarganya sedang tidak berada di rumah, lantaran mengikuti serangkaian upacara Ngaben yang ada di wilayah Seminyak.

“Pohon itu tidak secara langsung mengenai rumah warga, sehingga kerusakan yang ditimbulkan tidak parah, hanya sedikit pada bagian atap, tapi sudah kami koordinasikan dan mediasi untuk penanganannya,” kata Mardawa.

Dari koordinasi yang dilakukan, lanjut Mardawa, pihak hotel bersedia menanggung kerugian yang ditimbulkan. “Semula pohon kelapa itu memang hendak dipotong, tapi sudah terlebih dahulu tumbang. Namun, pihak hotel kabarnya bersedia bertanggungjawab,” katanya. *dar

Komentar