nusabali

TNI - PLN Bangun Bak Air Bersih di Suana

  • www.nusabali.com-tni-pln-bangun-bak-air-bersih-di-suana

SEMARAPURA, NusaBali - Personel Kodim 1610/Klungkung didukung PLN membangun sebuah bak penampungan air bersih di Dusun Karangsari, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, sejak awal Juli 2022. 

Bak ini untuk menampung air dari sumur bor yang dibangun sejak empat bulan lalu oleh personel Kodim Klungkung. 

Selanjutnya, air di bak itu akan dialirkan melalui pipa ke rumah warga, khususnya 8 KK di Dusun Karangsari. Di bagian bawah lokasi bak itu juga sudah tersedia sumber air dari sumur lama. Kedua sumur ini masih dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat Dusun Karangsari sekitar 300 KK. Pelayanan PDAM sudah macet di Dusun Karangsari bagian bawah sejak enam bulan lalu. "Warga memanfaatkan air dari sumur itu, apalagi pelayanan air PDAM sudah enam bulan macet di Dusun Karangsari," ujar Kepala Dusun (Kasus) Karangsari, Wayan Darma, Jumat (8/7).

Dihubungi terpisah, Dirut PDAM Klungkung I Nyoman Renin Suyasa mengaku akan mengecek bak air itu. Sementara itu, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, berharap dengan bak penampungan air ini dapat mempermudah pelayanan air bersih kepada masyarakat. Upaya ini serangkaian menyejahterakan masyarakat.

Pembuatan bak air itu Kodim bekerja sama dengan PLN dan Pemkab Klungkung. "Sehingga air bisa ditampung dan dapat disalurkan ke rumah warga," ujar Letkol Inf Suhendar. Dia berharap dengan bak air ini dapat mengoptimalkan pemanfaatan air sumur bor. Hal inijuga menjadi solusi  dalam memberikan kemudahan mengakses air bersih. Upaya ini juga untuk mencegah stunting. "Inilah wujud pengabdian, bhakti serta pelayanan kami demi kesejahteraan masyarakat serta sebagai salah satu implementasi program TNI AD Manunggal,“ kata Letkol Inf Suhendar.7wan

Komentar