nusabali

Desa Kutuh Rencana Bangun LPJ Tenaga Surya

Ruas Jalan Minim Penerangan

  • www.nusabali.com-desa-kutuh-rencana-bangun-lpj-tenaga-surya

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai salah satu akses menuju sejumlah objek wisata, ruas Jalan Tukad Dalem yang ada di wilayah Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung masih minim lampu penerangan jalan (LPJ).

Bahkan kondisi gelap gulita menyelimuti sepanjang jalan tersebut setiap harinya. Guna mencegah hal yang tidak diinginkan, Desa Kutuh melirik sejumlah pihak untuk membangun LPJ, utamanya dengan tenaga surya.

Perbekel Kutuh I Wayan Mudana mengakui ruas Jalan Tukad Dalem saat ini masih minim penerangan jalan. Padahal, kata dia, jalan itu merupakan salah satu akses menuju sejumlah objek wisata di Kecamatan Kuta Selatan. “Kami sedang menjajaki untuk menggandeng sejumlah kontraktor penyedia jasa infrastruktur dalam membangun LPJ. Langkah ini kami diambil untuk mempercepat akselerasi pembangunan dan penataan wilayah Desa Kutuh,” katanya,” Minggu (19/6) sore.

Menurut Mudana koordinasi dengan pihak terkait sudah dimulai Minggu lalu. Dia juga menyebut pihak ketiga sudah ada yang tertarik membangun LPJ di kawasan Desa Kutuh. Bahkan, pihak ketiga sanggup menyediakan LPJ dengan tenaga surya.

Untuk menindaklanjuti hal itu, Desa Kutuh didorong membuat semacam draft proposal pembuatan LPJ. “Perusahaan kontraktor ini akan menjadikan lokasi Jalan Tukad Dalem ini sebagai percontohan pembangunan LPJ tenaga surya. Jadi, nantinya akan ditindaklanjuti pemasangan beberapa LPJ di sana (Jalan Tukad Dalem),” kata Mudana sembari menyebut untuk tahap awal, rencananya ada 15 LPJ tenaga surya yang akan dipasang.

“Kami akan mengkaji dan meminta doa kepada masyarakat Desa Kutuh, semoga dalam prosesnya nanti sesuai dengan yang kita harapkan bersama. Jika kita sebagai pemerintah desa hanya menunggu dan menunggu, kapan jadinya,” imbuhnya. *dar

Komentar