nusabali

Dinas PUPR Normalisasi Drainase

  • www.nusabali.com-dinas-pupr-normalisasi-drainase

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karangasem normalisasi drainase di Jalan Untung Surapati, Amlapura, Selasa (24/5).

Normalisasi ini untuk mencegah banjir yang sering terjadi setiap musim hujan di Jalan Untung Surapati. Sedimen di drainase meninggi karena tertimbun tanah menyebabkan air hujan meluber dan meluap ke jalan. Air hujan meluap ke jalur Satria Futsal, menjebol tembok pemukiman penduduk, dan mengalir deras di GOR Gunung Agung.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Karangasem, I Ketut Prama Budarta, mengatakan air hujan yang meluap ke GOR Gunung Agung menimbulkan lubang besar pada jalan raya. Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Karangasem I Wayan Sudarsana ikut memantau normalisasi drainase di Jalan Untung Surapati. Sebelumnya, Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika melakukan pengecekan di lapangan, Senin (3/5). Suastika langsung koordinasi dengan Dinas PUPR agar segera melakukan penanganan darurat agar tidak banjir saat musim hujan.

Prama Budarta mengatakan, penanganan drainase yang tersumbat sedimen dikerjakan secara gotong royong. Ekskavator yang digunakan sumbangan dari Kodim Karangasem. Alat penyedot air menggunakan mesin portable milik BPBD Karangasem, sementara Dinas PUPR Karangasem hanya menyediakan BBM. “Penanganan sementara agar ada jalan air sehingga drainase tidak lagi tersumbat. Tahun ini tidak ada anggaran perbaikan drainase. Biayanya di tahun 2023,” jelas Prama Budarta.

Normalisasi drainase sepanjang 70 meter. Selama dua bulan terakhir sudah dua kali terjadi banjir, menyebabkan sejumlah tembok panyengker pemukiman warga jebol. Sebelumnya di pertigaan Lingkungan Dukuh, Kelurahan Padangkerta juga terjadi banjir. Prama Budarta mengaku bersyukur upaya menormalisasi drainase dapat dukungan dari pemilik lahan. Sementara Asisten II Setda Karangasem, I Wayan Sudarsana mengapresiasi gerak cepat Dinas PUPR. “Saya kawal penanganan ini agar banjir tidak terulang lagi,” jelas Wayan Sudarsana. *k16

Komentar