nusabali

4 DTW Tabanan Sudah CHSE, 7 Belum Sertifikasi

  • www.nusabali.com-4-dtw-tabanan-sudah-chse-7-belum-sertifikasi

TABANAN, NusaBali
Daya Tarik Wisata (DTW) di Tabanan yang mengantongi sertifikat CHSE  Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) baru 4.

Jumlah tersebut masih kurang 7 dari 11 DTW yang aktif.  Dari 4 DTW tersebut 3 DTW  mengantongi  sertifikasi dari  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkeraf) yakni  DTW Kebun Raya Eka Karya, DTW Ulun Danu Beratan dan  DTW Tanah Lot. Kemudian 1 DTW  lagi yakni DTW Espa Air Panas Penatahan, mengantongi sertifikasi dari Pemkab Tabanan.

“Terhadap DTW  yang belum mengantongi sertifikat, usulan sertifikasi CHSE akan disampaikan ke Provinsi, tidak lagi ke Pusat atau Kemenparkeraf,” jelas Kabid Objek dan Daya Tarik Pariwisata Kabupaten Tabanan,  Ni Putu Sri Ratnawati, Minggu (20/3).

Tabanan memiliki 25 potensi DTW. Dari 25 tersebut, 11 DTW  yang aktif beroperasional dan 14 masih rintisan. Ada pun 11 DTW yang aktif tersebut diantaranya   Alas Kedaton, Taman Kupu-Kupu di Wanasari, Taman Pujaan Bangsa Margarana, DTW  Batukaru  di Penebel dan  Puri Gede Kerambitan,

Untuk DTW yang belum mengantongi sertifikat CHSE, Dinas Pariwisata akan mensosialisasikan lagi. Sedangkan untuk pendaftarannya oleh  pengelola DTW sendiri secara online. “Kami  sudah mulai lakukan monev lagi,” jelasnya.

Sementara  untuk desa wisata,  sudah ada  beberapa desa wisata yang verifikasi CHSE. Sertifikasi dilakukan oleh  Pemkab Tabanan pada tahun 2020, saat pandemi Covid-19 memulai dan kian mencapai puncaknya.  Dari 25 desa wisata, yang  sudah sertifikasi baru 3 desa wisata, yakni Desa Tista, Kecamatan Kerambitan, Desa Jatiluwih  Kecamatan Penebel dan Desa Wisata Pinge, Kecamatan Marga.  “Dulu ada tim sertifikasi tahun 2020,” jelasnya.

Kini karena  kegiatan verifikasi sudah ditangani Provinsi, maka verifikasi sertifikasi tidak lagi oleh kabupaten, melainkan langsung ke Provins,” terang Sri Ratnawati. *k17

Komentar