nusabali

Jamu Napoli, Barca Harapkan Duo De Jong

  • www.nusabali.com-jamu-napoli-barca-harapkan-duo-de-jong

NAPLES, NusaBali
Barcelona akan menjamu Napoli pada leg pertama play-off Liga Europa, di Camp Nou, Jumat (18/2) dinihari, pukul 01:45 WITA.

Laga lawan Napoli Barca akan mengandalkan duo De Jong asal Belanda. Luuk de Jong beberapa kali jadi penyelamat Barca. Sedangkan Frengkie de Jong menjadi penjaga pertahanan Blaugrana.

Kekuatan Luuk terletak dalam sundulannya. Dia bertubuh besar, tinggi, tangguh, dan mampu mengalahkan dua bek lawan dalam sekali duel.

Luuk memang tidak cukup cepat, tapi terus berusaha menyesuaikan diri dengan taktik Xavi. Dia siap menunggu umpan silang di kotak penalti.

Lawan Napoli, Luuk dapay masuk sebagai pengganti untuk mengubah arah pertandingan. Kehadirannya di lapangan sedikit mengubah gaya main Barca, Napoli bakal kesulitan.

Musim Frenkie de Jong sejauh ini berjalan cukup unik. Performanya tidak terlalu diperhatikan, dia tidak banyak membuat gol atau assist, tapi kontribusinya tetap sangat penting. Apalagi pertahanan Barca menjadi masalah sejak awal musim.

Akibatnya, Frengkie bertugas menjaga lini belakang sambil memberi ruang untuk Gavi dan Pedri naik ke depan. Peran dan gaya main Frengkie membuatnya tidak terlihat dan dikritik fans. Padahal dia sangat penting menjaga kekuatan lini belakang.

Lawan Napoli, visi dan kehadiran Frengkie sangat penting untuk mencegah  maneuver serangan cepat winger Napoli. Dia juga bakal jadi inisiator serangan pertama.

Laga dua tim legenda Eropa itu diprediksi berlangsung ketat. Sebab . hanya satu di antara keduanya yang berhak lolos ke 16 besar. Laga nanti partisipasi pertama Barcelona di Liga Europa sejak terakhir kali tampil di pada musim 2003/2004, saat berformat UEFA Cup.

Barcelona tampil di Liga Europa setelah di fase grup Liga Champions hanya finis peringkat tiga. Mereka kalah bersaing dengan Bayern Munchen dan Benfica. Barcelona melalui fase grup Liga Champions bersama tiga pelatih berbeda, yakni Ronald Koeman, Sergi Barjuan (interim), dan Xavi.

Bersama Xavi sejauh ini, Barcelona masih angin-anginan. Meski sudah mendatangkan Ferran Torres, Adama Traore, hingga Pierre-Emerick Aubameyang, performa Barcelona belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. *

Komentar