nusabali

Dorong Kebangkitan UMKM, Bupati Tamba Apresiasi Sunday Market di Pekutatan

  • www.nusabali.com-dorong-kebangkitan-umkm-bupati-tamba-apresiasi-sunday-market-di-pekutatan

NEGARA, NusaBali
Dukungan agar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) segera bangkit pada masa pandemi Covid-19, terus diupayakan di Kabupaten Jembana. Salah satunya melalui acara Sunday Market yang digelar di Hotel Kelapa Retreat and Spa, Desa/Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Minggu (13/2).

Bupati Jembrana I Nengah Tamba hadir langsung dalam acara itu pun mengapresiasi acara yang memberikan dampak positif terhadap kemajuan UMKM di Jembrana.

Bupati mengatakan sangat menyambut baik acara Sunday Market yang digagas pemilik Hotel Kelapa Retreat and Spa di Pekutatan ini. Dalam acara ini, menggandeng beberapa pelaku UMKM lokal di Jembrana sehingga bisa lebih dikenal lebih luas di kalangan wisatawan. "Apa yang disajikan disini adalah bagian dan kemauan daripada Owner Kelapa Retreat and Spa. Jadi saya mengucapkan terimakasih atas ide-ide kreatif ini," ucap Bupati Tamba.

Sebagai pemerintah daerah, Bupati Tamba mengatakan, juga tidak bisa bergerak sendiri dalam upaya memajukan UMKM Jembrana. Namun dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak seperti yang dilakukan pihak Hotel Kelapa Retreat and Spa. "Inilah yang ditunggu - tunggu bagi para pelaku UMKM yang ada di Jembrana. Dengan adanya Sunday Market ini, selain mengenalkan produk UMKM lokal, juga akan memberikan peningkatan ekonomi dan semangat kreatifitas yang lebih baik lagi bagi para UMKM," ucap Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Isma, selaku penyelenggara Sunday Market mengatakan, acara Sunday Market ini biasa digelar sewaktu-waktu dalam setiap tahun. Acara ini, intinya merupakan wadah bagi pelaku UMKM Jembrana untuk memperkenalkan berbagai produk mereka kepada wisatawan. "Ada banyak produk-produk UMKM unggulan yang ditampilkan di sini. Seperti kerajinan tenun endek khas Jembrana hingga berbagai macam kulinernya. Termasuk kesenian khas Jembrana seperti Jegog juga kita tampilkan untuk menyambut para undangan yang diantaranya merupakan wisatawan mancanegara," ujarnya.

Dalam acara Sunday Market kemarin, diisi kegiatan penanaman bibit buah di areal hotel setempat. Begitu juga ada pemberian penghargaan kepada anak-anak yang ikut berpartisipasi dalam mengumpulkan sampah plastik di areal pantai sekitar hotel setempat. Upaya itu pun bertujuan memberikan pendidikan kepada anak-anak, khususnya kesadaran dalam menjaga lingkungan. *ode

Komentar