nusabali

Kemenangan Milan Dirampok Wasit

  • www.nusabali.com-kemenangan-milan-dirampok-wasit

Asosiasi Wasit Italia mengakui ada kesalahan dari Serra. Pihaknya juga menyampaikan maaf kepada Milan karena akibat hal tersebut kehilangan tiga angka.

MILAN, NusaBali

Milan tumbang secara menyesakkan oleh Spezia 1-2 di San Siro pada laga lanjutan Liga Italia, Selasa (18/1) dini hari. Pelatih Milan, Pioli menuding wasit harus ikut bertanggungjawab atas kekalahan Rossoneri ini.

Dalam pertandingan tersebut Milan mampu unggul lebih dulu melalui Rafael Leao pada menit 45+1. Spezia kemudian menyamakan skor di menit lewat Kevin Agudelo pada menit ke-64. Milan sempat menggetarkan gawang Spezia di menit ke-90+2 dari sepakan melengkung Junior Messias.

Wasit, Marco Serra, menganulir gol tersebut karena lebih dulu meniup peluit tanda Ante Rebic dilanggar meski Junior Messias mampu menyambar bola. Andai wasit tidak buru-buru meniup peluit, Milan sejatinya dalam posisi play on meski Rebic dijatuhkan lawan. Milan tampaknya hilang fokus gegara kejadian itu. Spezia bisa mencetak gol lewat serangan balik cepat yang dituntaskan Emmanuel Gyasi pada menit 90+6.

Pioli begitu menyesalkan keputusan wasit yang meniup peluit terlalu cepat dalam insiden dianulirnya gol Messias. Serra harusnya memutuskan play-on. Pioli mengatakan hal ini mempengaruhi mental bertanding anak asuhannya.

Dampaknya, Milan harus kebobolan di menit akhir yang membuat mereka kehilangan poin. Mantan pelatih Fiorentina itu mengungkap Serra sudah meminta maaf atas kekurangcermatannya itu. "Saya mencoba menenangkan pemain saya," katanya.

Meski tak memasalah lebih lanjut, Pioli hanya menyayangkan apa yang terjadi itu telah membuat Milan menderita kekalahan dan harus merelakan Inter Milan tetap berada di puncak klasemen sementara. Padahal, kesempatan  tersebut sangat terbuka.

"Kami tahu itu tidak adil. Kami sendiri yang harus disalahkan, tetapi kami layak berbagi tanggung jawab itu dengan wasit. Wasit sudah meminta maaf. Mungkin itu bahkan bukan kesalahan, tapi sesuatu yang memalukan," ungkapnya soal keputusan Serra.

Menurut laporan La Gazzetta dello Sport, Asosiasi Wasit Italia mengakui ada kesalahan dari Serra. Pihaknya juga menyampaikan maaf kepada Milan karena akibat hal tersebut kehilangan tiga angka. Wasit yang memimpin pertandingan tersebut berpotensi mendapatkan hukuman larangan memimpin pertandingan lebih dari dua laga karena ada beberapa kesalahan dibuat.

Selain soal "merampok" kemenangan Milan, Serra seharusnya bisa dengan jelas menentukan penalti di akhir babak pertama tanpa melihat video assistant referee (VAR). Mengomentari kesalahan wasit tersebut, Pioli menyatakan hal memalukan ini tak seharusnya terjadi. *

Komentar