nusabali

Mencari Inspirasi di Taman Inspirasi Muntig Siokan Sanur

  • www.nusabali.com-mencari-inspirasi-di-taman-inspirasi-muntig-siokan-sanur

DENPASAR, NusaBali.com - Warga Kota Denpasar yang ingin menikmati wisata alam,  tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Sebuah kawasan berkonsep taman dikelilingi hutan bakau, pohon cemara, dan pantai ada di kawasan Pantai Mertasari, Desa Adat Intaran, Denpasar Selatan.

Diberi nama Taman Inspirasi Muntig Siokan, taman rekreasi ini  diharapkan memberikan inspirasi bagi para pengunjung dengan menawarkan pemandangan alam dan fasilitas penunjang yang lengkap. Paling asyik mengajak serta keluarga di masa libur sekolah atau akhir pekan.

Setelah sempat dikelola oleh pihak swasta, saat ini Taman Inspirasi Muntig Siokan yang berada di bagian barat Pantai Mertasari sepenuhnya dikelola oleh Desa Adat Intaran. “Muntig Siokan itu artinya tanah yang lagi timbul lagi hilang, kalau dulu seperti itu di sana, tapi sekarang kan sudah kita pelihara,” terang Bendesa Desa Adat Intaran, I Gusti Agung Alit Kencana, Rabu (22/12/2021). 

Agung Kencana menuturkan pada saat dikelola pihak swasta, waktu itu bernama Taman Inspirasi (Dream Island), bangunan restorannya sempat mengalami kebakaran pada November 2020. Setelahnya, pengelolaan dikembalikan kepada Desa Adat Intaran dan namanya pun berubah menjadi Taman Inspirasi Muntig Siokan.  

“Potensinya yang dilihat karena tanahnya berada di pinggir pantai, sangat strategis sekali, kenapa tidak kami kembangkan,” sebut Agung Kencana. 

Kelebihan Taman Inspirasi Muntig Siokan dibanding pantai publik yang ada di sekitarnya adalah tempatnya yang tertata rapi dilengkapi dengan deretan bale bengong (jineng) di pinggir pantai sebagai tempat berkumpul dan bersantai. 

Pengunjung juga disediakan tempat kuliner seperti warung makan ataupun restoran.  Bagi yang berminat mencoba sensasi menaiki unta, juga bisa mencoba menaiki unta berkeliling taman dengan tarif Rp 100.000 untuk dua orang. Ataupun sekadar bermain air, bermain kano, dan berenang juga bisa dilakukan dengan bebas. 

Pada masa pandemi seperti saat ini, Taman Inspirasi Muntig Siokan juga sempat ditutup dengan adanya aturan PPKM. Seiring diperlonggarnya aturan PPKM, saat ini sudah buka kembali. Bahkan, Taman Inspirasi Muntig Siokan sedang ramai kunjungan karena menjadi salah satu venue Denpasar Festival 2021. 

“Tiyang juga minta ke Pemkot Denpasar, tolong dibantu untuk mempromosikan daerah kita, dipakailah sebagai tempat Denfest,” kata Agung Kencana. 

Lebih jauh dikatakan Agung Kencana, Kawasan Muntig Siokan akan menjadi salah satu lokasi wisata yang dipersiapkan dalam revitalisasi kawasan wisata Sanur. Diketahui tahap pertama revitalisasi, yaitu pelebaran pedestrian, saat ini sedang berlangsung dari Pantai Matahari Terbit hingga Pantai Mertasari. Sementara pembangunan tahap kedua, yang direncanakan tahun depan, akan dilakukan pembangunan sejumlah sarana umum dan wisata.
 
Di sisi lain, Penanggung Jawab Pengelola Taman Inspirasi Muntig Siokan, I Wayan Mudana, menuturkan jumlah kunjungan Taman Insiprasi Muntig Siokan sejak dibuka kembali terus mengalami peningkatan. Apalagi dengan adanya Denpasar Festival seperti saat ini jumlah kunjungan diperkirakan melebihi 1.000 orang lebih setiap harinya. 

“Kalau hari biasa sekitar 150 orang per hari, tapi kalau Sabtu Minggu bisa sampai 500 orang. Sekarang ada Denfest pengunjung 1.000 lebih,” sebut Mudana.

Untuk diketahui selama gelaran Denfest, Taman Inspirasi Muntig Siokan digratiskan tiket masuknya. Namun demikian, di luar penyelengaraan Denfest tiket masuknya pun relatif tarjangkau, untuk dewasa Rp 10.000 dan anak-anak Rp 5.000. Dengan harga itu, pengunjung bebas menikmati suasana pantai yang tempatnya tertata rapi selama seharian penuh.  

Taman Inspirasi Muntig Siokan sendiri buka setiap hari sejak pukul 07.00 sampai pukul 20.00 Wita.

Komentar