nusabali

Bupati Ngantor di Desa Padangan, Minta Desa Pertahankan Potensi Kopi Robusta

  • www.nusabali.com-bupati-ngantor-di-desa-padangan-minta-desa-pertahankan-potensi-kopi-robusta

TABANAN, NusaBali
Serap aspirasi masyarakat, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya kembali berkantor di desa. Kali ini desa yang dikunjungi adalah Desa Padangan, Kecamatan Pupuan, Jumat (17/12).

Dalam kesempatan itu Bupati Sanjaya minta Desa Padangan pertahankan potensi kopi Robusta. Kali ini Bupati Sanjaya didampingi sejumlah OPD terkait, serta Sekda Tabanan Gede Susila. Bupati juga berkesempatan menyerahkan bantuan sembako kepada warga yang terdampak Covid-19.

Dengan membonceng Perbekel Padangan I Wayan Wardhita menggunakan sepeda motor, Bupati Sanjaya meninjau pengaspalan jalan yang sedang berlangsung. “Saya sangat semangat untuk berkantor di kantor desa, dan langsung komunikasi dengan kepala desa. Saya bonceng kepala desa untuk lihat hotmix (pengaspalan jalan, Red). Sebab saya adalah pelayan masyarakat, yang dilakukan pemerintah kebaikannya akan kembali ke masyarakat,” kata Bupati Sanjaya.

Dia menekankan terhadap 6 kerthi yang harus dijaga dari hulu sampai ke hilir dalam Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Yang intinya berasal dari Tri Hita Karana sebagai implementasi Sat Kerthi, bagaimana manusia menjaga hubungan harmonis dengan Tuhan, sesama manusia, dan dengan alam. Oleh sebab itu, potensi alam yang ada di Desa Padangan harus dilestarikan, bukan hanya dieksplorasi secara berlebihan, tapi justru dijadikan magnet untuk daya tarik.

“Desa Padangan ini kan potensi kopi Robusta-nya luar biasa, sawahnya bagus, perdagangan di sektor ekonomi dan sektor agro juga bagus. Jadi bisa melalui dinas-dinas terkait saya ajak ke sini untuk langsung melihat. Jangan lagi ubah kearifan lokal desanya, kalau kopinya sudah bagus pertahankan kopinya” pinta Bupati Sanjaya.

Sementara terkait pembangunan infrastruktur jalan, dia juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga fasilitas yang disediakan pemerintah, terutama saat musim hujan agar tidak terjadi banjir yang menyebabkan rusaknya bahan baku aspal jalan.

“Belum tahun pertama kepemimpinan tapi, saya berkomitmen untuk bangun semua infrastruktur jalan di Tabanan. Prioritas kita untuk membangun infrastruktur di seluruh penjuru. Ini juga pasti akan mendorong sektor ekonomi, untuk angkut kopi, makanan, buah-buahan. Kalau jalan jelek kan kita akan merugi. Jadi apa yang sudah difasilitasi pemerintah, tokoh-tokoh masyarakat di sini yang memelihara,” tandas Bupati Sanjaya. *des

Komentar