nusabali

SMPN 2 Denpasar Jaga Tradisi Sepak Takraw

  • www.nusabali.com-smpn-2-denpasar-jaga-tradisi-sepak-takraw

DENPASAR, NusaBali.com –  Setelah tahun lalu tidak digelar karena pandemi, SMP Negeri 2 Denpasar mempertahankan tradisi juara cabang olahraga sepak takraw Walikota Cup 2021 dengan merebut gelar juara kategori putri dan runner up kategori putra.

Di partai final Minggu (28/11/2021), tim putri SMPN 2 Denpasar mengalahkan SMP Harapan Nusantara. Sedangkan di kategori putra, SMPN 2 Denpasar menjadi runner up di bawah SMP PGRI 6 Denpasar.

Tim putri SMPN 2 Denpasar yang menjadi juara diperkuat AA Ayu Juliantini, AA Mas Wulandari, AA Gek Lana Dwina Savitri dan Ni Kadek Chintya Wulan Antari. Sedangkan tim putra SMPN 2 Denpasar antara lain I Gede Satria Andaresta, AA Made Hendra Pratama, Putu Bagus Wiranatha Kusuma, Putu Gede Mahagotra, dan Kadek Ade Mahadhi Putra.

Prestasi yang diraih sekolah berlokasi di Jalan Gunung Agung Denpasar Barat ini bukan instan. Bahkan pembinaan sudah dilakukan belasan tahun silam. “Sejak Walikota Cup digelar pertamakali tahun 2009, tim putra dan putri SMPN 2 Denpasar selalu langganan juara. Kalau tidak juara I, ya juara II,” kata I Gede Udiana Putra, 38, pelatih sepak takraw SMPN 2 Denpasar, Jumat (3/12/2021).

Penjaringan atlet sejak dini dilakukan oleh SMPN 2 Denpasar untuk membina atlet-atlet potensi di Denpasar. Bahkan bibit-bibit atlet dipantau sedari sekolah dasar. “Kami berkoordinasi dengan guru SD atlet dimaksud untuk melihat bakal calon atlet sepak takraw yang berkompeten untuk diasah lagi di SMPN 2 Denpasar,” ungkapnya.

Sedagkan untuk menghadapi sebuah event, faktor persiapan dan latihan disebut Udiana berperan penting. Seperti ajang Walikota Cup 2021, para atlet telah berlatih selama hampir dua tahun, dari sejak awal pandemi Covid-19 melanda. “Seminggu itu rutin latihan dua kali selama tiga jam. Dan khusus satu bulan sebelum Walikota Cup 2021 kami berlatih enam kali dalam seminggu,” ucap Gede Udiana Putra.

Tim sepak takraw SMPN 2 Denpasar ini pun kini dipercaya sebagai tim pelapis Kota Denpasar menyongsong Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) pada 2022 mendatang.

Sementara itu Ketua Umum PSTI (Persatuan Sepak Takraw Indonesia) Kota Denpasar Farid Ahmad, menyatakan pada ajang Walikota Cup yang diselenggarakan di Aula SMPN 2 Denpasar pada 26-28 November 2021,  terjadi persaingan cukup ketat, sekalipun masih didominasi SMPN 2 Denpasar, SMP Harapan Nusantara, dan SMP PGRI 6 Denpasar. “Melihat potensi yang ada, mungkin tiga sampai lima tahun ke depan, anak-anak yang berasal dari sekolah tersebut dapat mewakili Kota Denpasar di ajang Porprov,” ungkapnya.

Pada Walikota Cup 2021, juga dipertandingkan kategori open yang diikuti oleh Kabupaten Buleleng, Gianyar, Badung dan Denpasar.

Adapun peraih juara adalah Denpasar A, juara II Badung A, dan juara III Denpasar B dan Badung B.  Untuk yang kategori open dibagi menjadi dua grup yang diisi empat regu. Sedangkan untuk kategori SMP yang diikuti 12 sekolah,  dibagi menjadi tiga grup dengan. *rma

Komentar