nusabali

Timnas Wajib Tingkatkan Fisik untuk Kalahkan Myanmar

  • www.nusabali.com-timnas-wajib-tingkatkan-fisik-untuk-kalahkan-myanmar

ANTALYA, NusaBali
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menegaskan skuadnya harus meningkatkan kualitas fisik dan permainan jika ingin memenangkan laga persahabatan kedua melawan Myanmar, di Antalya, Turki, Kamis (25/11).

"Untuk pertandingan berikutnya, kami harus meningkatkan permainan dan mengurangi beberapa kesalahan," ujar Shin Tae-tong, di laman PSSI di Jakarta, Sabtu (20/11) malam.

Pelatih asal Korea Selatan itu tidak mau melihat lagi penampilan Timnas seperti saat dikalahkan Afghanistan 0-1, Selasa (16/11). Menurut Shin, saat itu skuad Garuda tidak tampil prima dan melewatkan banyak peluang mencetak gol. Lawan akhirnya memanfaatkan situasi dan membuat skor lima menit menjelang laga berakhir.

"Saya selalu mengingatkan pemain agar mereka sedapat mungkin membuat gol jika memperoleh peluang," kata pelatih 51 tahun itu.

Salah satu aspek yang diperhatikan secara khusus Shin dari pemainnya adalah kekuatan fisik. Itulah yang membuat dirinya memberikan satu sesi khusus penguatan pada pagi hari sebelum dilanjutkan latihan taktik pada sore hari. Shin pun memberikan materi latihan penguatan yang dapat dipraktikkan pemain ketika tidak lagi beraktivitas bersama tim nasional.

"Penguatan ini kurang karena memang jarang dilakukan. Sekarang kami memberikan program latihan yang dapat dijalankan sendiri," kata Shin.

Selain mengawasi TC Timnas senior, Shin Tae-yong juga mengontrol TC Timnas U-18  dan tiga laga uji coba sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

Pemain timnas U-18 Subhan Fajri mengatakan, dirinya dan rekan-rekannya terkejut dengan tingginya intensitas latihan yang diberikan Shin Tae-yong.

"Hal itu karena kami belum pernah merasakan latihan tiga kali sehari saat di klub. Belum pernah berlatih sekeras itu," ujar Subhan, kepada PSSI TV.

Shin Tae-yong memang memberikan tiga sesi latihan setiap harinya untuk timnas U-18 saat TC. Pada pagi hari latihan fisik dan siang latihan di pusat kebugaran dan latihan strategi dan taktik pada sore hari.

Meski fisik terkuras, Subhan Fajri menegaskan, semua pemain dapat mengarungi latihan dengan baik. Shin Tae-yong sendiri menyebutkan, dirinya memang sengaja fokus membenahi fisik dan teknik dasar, seperti mengumpan dan mengendalikan bola anak-anak asuhnya.  *ant

Komentar