nusabali

Usai Libas Yunani, Spanyol Jalani Laga 'Hidup atau Mati'

  • www.nusabali.com-usai-libas-yunani-spanyol-jalani-laga-hidup-atau-mati

ATHENA, NusaBali
Usai menang 1-0 atas Yunani, kini Spanyol memegang kendali penuh dalam perebutan juara grup dengan Swedia.

Tim Matador pun akan memainkan laga ‘hidup atau mati’ di La Cartuja saat menjamu Swedia. Ya, Spanyol mengalahkan Yunani dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, di Olympic stadium, Jumat (12/11) dinihari WITA. Sedangkan rival terdekatnya Swedia secara mengejutkan takluk 0-2 di kandang Georgia, sehingga gagal menjauhkan diri dari Spanyol.

Karena itulah, Spanyol bermain menyerang sejak menit awal di kandang Yunani. Tapi, Matador kesulitan mencetak gol sebelum kebuntuan pecah di menit ke-27 lewat penalti Pablo Sarabia. Spanyol sempat kebobolan di menit ke-21 lewat Giorgos Masouras tapi dianulir karena offside.

Spanyol pun menang 1-0 dan menguasai puncak klasemen Grup B dengan 16 poin, unggul satu angka dari Swedia di posisi kedua. Kedua tim akan saling 'bunuh' di matchday terakhir pada Senin (15/11) dini hari WITA, di Sevilla.

Duel di La Cartuja Stadium jadi laga hidup mati bagi kedua tim. Spanyol, yang sempat tertinggal dari Swedia di papan klasemen, kini hanya butuh satu poin untuk lolos langsung ke Qatar. Namun seri tak cukup bagi La Furia Roja. Sebab kemenangan harga mati demi menghibur penonton.

"Saya sudah pasti yakin kami akan lolos ke Piala Dunia pada hari Minggu nanti. Saya sudah yakin sejak kami ada di posisi kedua," ujar pelatih Spanyol Luis Enrique kepada Marca.

Namun Enrique mengatakan Swedia lawan tangguh dan lebih suka menyerang. Namun dia ingin menang, bukan imbang. Menurutnya, tim akan terus menekan.

“Kami ingin menang hari Minggu nanti. Kami akan bermain seperti biasanya, menekan dan menyerang," kata mantan pelatih Barcelona itu.

Enrique memperingatkan para pemainnya untuk tidak bersantai dan menurunkan fokus. Sebab Spanyol tidak hanya butuh satu poin, tapi tiga angka penuh untuk menghibur penonton.

Kemenangan tipis atas Yunani menunjukkan ketangguhan Spanyol. Mereka tahu caranya menderita untuk menang. Sedangkan perjalanan Spanyol dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 kali ini cukup impresif. Dari 7 pertandingan, mereka menang lima kali, sekali imbang, dan sekali kalah.*

Komentar