nusabali

Klopp Kecewa Wasit

West Ham Beri Kekalahan Pertama Liverpool

  • www.nusabali.com-klopp-kecewa-wasit

Liverpool terlalu terburu-buru dan bernafsu mendapatkan gol kedua. Itu membuat West Ham mendapatkan celah lebih besar.

LONDON, NusaBali

Liverpool kalah 2-3 dari West Ham United dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris, yang berakhir Senin (8/11) dinihari WITA, di London Stadium. West Ham pun membuktikan tekadnya yang ingin memberi kekalahan The Reds.

Manajer The Reds Juergen Klopp pun mengeluhkan keputusan wasit dan penggunaan VAR yang merugikan The Reds.

Dalam lawatannya ke markas West Ham, Liverpool tertinggal pada  menit keempat akibat gol bunuh diri Alisson Becker. Gol itu dikeluhkan Klopp, yang menilai seharusnya itu pelanggaran karena tangan Angelo Ogbonna mengganggu Alisson.

Ada pula momen saat Aaron Cresswell melakukan tekel kepada Jordan Henderson. Dari tayangan ulang kaki Cresswell terlalu tinggi hingga menerjang ke posisi dekat lutut.

"Dua situasi yang berpengaruh, tetapi bukan West Ham yang bikin keputusan dan mereka memenangkan laga. Orang akan mengatakan saya membuat alasan tapi saya nyantai saja," kata Klopp, di dikutip BBC Sport.

Trent Alexander-Arnold memastikan Liverpool menutup babak pertama dengan 1-1, berkat golnya di menit ke-41 dari situasi tendangan bebas. Tapi babak kedua berjalan buruk buat Liverpool.

Serangan cepat dan bola mati jadi petaka. Pablo Fornals menjebol gawang Alisson dari serangan balik di menit ke-67, lalu Kurt Zouma menegaskan keunggulan menuntaskan sepak pojok pada menit ke-74.

Divock Origi memperkecil kekalahan Liverpool di menit ke-83.

Kekalahan itu dinilai bek Liverpool Virgil van Dijk sebagai pukulan telak di markas West Ham United. Dia menilai, timnya terlalu terburu-buru dan bernafsu mendapatkan gol kedua. Itu membuat West Ham mendapatkan celah lebih besar.

"Sebuah pukulan yang telak, tapi kami harus bangkit. Itu pertandingan yang ketat dan intens,”kata Van Dijk.

Dengan hasil ini, Liverpool pun dilewati West Ham United di papan klasemen Liga Primer Inggris, di posisi tiga dengan 23 poin dari 11 laga, menyalip Liverpool di urutan empat dengan 22 poin. Jumlah itu poin terbanyak dikumpulkan West Ham setelah melewati 11 laga dalam sejarah Premier League

West Ham pun jadi tim pertama yang mengalahkan Liverpool di musim 2021-2022. The Red sebelumnya tak terkalahkan dalam 25 laga di semua ajang (18 menang, 7 imbang). Secara rinci, pasukan David Moyes menang tujuh kali, dua kali imbang, dan dua kali kalah dalam 11 laga Liga Inggris. West Ham kini memiliki poin sama dengan Man City di urutan kedua, dan selisih tiga angka dari Chelsea di puncak klasemen.

 Tren positif West Ham pun membuat mereka mulai dibicarakan mampu bersaing memperebutkan gelar Premier League musim ini. Terlebih lagi, selain mengalahkan Liverpool, West Ham juga membekuk anggota Big Six lainnya Tottenham Hotspur dan Leicester City, tim yang kerap menyulitkan raksasa Premier League.  Namun David Moyes menilai prediksi terhadap timnya terlalu dini. *

Komentar