nusabali

Liverpool Digilas Atalanta 0-3 di Anfield, Klopp Bingung

  • www.nusabali.com-liverpool-digilas-atalanta-0-3-di-anfield-klopp-bingung

LIVERPOOL, NusaBali.com - Mimpi Liverpool untuk meraih treble gelar di musim terakhir Jurgen Klopp sebagai pelatih di Anfield terancam setelah mereka menelan kekalahan mengejutkan 0-3 di kandang sendiri saat melawan Atalanta pada leg pertama perempat final Liga Europa, Kamis (11/4/2024) waktu setempat.

Mantan penyerang West Ham, Gianluca Scamacca, menjadi mimpi buruk bagi The Reds dengan mencetak dua gol di setiap babak. Pemain pinjaman dari Chelsea, Mario Pasalic, kemudian menambahkan gol ketiga di akhir pertandingan untuk memastikan tim Italia itu menjadi favorit lolos ke semifinal saat kedua tim bertemu lagi Kamis depan di Bergamo.

Scamacca memecah kebuntuan pada menit ke-38 setelah tendangan rendahnya gagal dihentikan oleh Caoimhin Kelleher. 

Liverpool tampil buruk sepanjang pertandingan. Darwin Nunez melewatkan dua peluang emas, sementara tendangan melengkung Harvey Elliott hanya mengenai mistar gawang lalu memantul ke tiang.

Mohamed Salah, yang memulai pertandingan dari bangku cadangan, sempat memaksa Juan Musso melakukan penyelamatan bagus. 

Sebelumnya, Kelleher menebus kesalahannya dengan menghentikan Teun Koopmeiners yang tak terkawal untuk menggandakan keunggulan Atalanta. Gol Salah dianulir karena offside.

Secara keseluruhan, The Reds tampil datar dan kurang agresif, serta dihukum karena lini belakang yang buruk. Scamacca, yang hanya semusim bermain di West Ham sebelum bergabung Atalanta Agustus lalu, memanfaatkan kelengahan lini belakang Liverpool untuk menggandakan keunggulan lewat penyelesaian tenang pada menit ke-60.

Gol Pasalic di menit ke-83 tercipta setelah gelandang Brasil, Ederson, diberi terlalu banyak ruang untuk melepaskan tembakan. Ketika Kelleher melakukan penyelamatan, pemain Kroasia itu sigap menyambar bola rebound dan menceploskannya ke gawang.

Pemenang dari pertandingan ini akan menghadapi Benfica atau Marseille di semifinal. Benfica saat ini unggul agregat 2-1 atas Marseille yang akan bertanding leg kedua di Prancis pekan depan.

Jurgen Klopp terlihat bingung usai melihat timnya dikalahkan telak oleh Atalanta, yang saat ini berada di peringkat enam Serie A dan tertinggal 32 poin dari pemuncak klasemen, Inter Milan.

Pelatih Liverpool tersebut, yang melakukan enam perubahan dari tim yang bermain imbang 2-2 melawan Manchester United pada hari Minggu, telah menikmati banyak malam Eropa yang fantastis di Anfield selama sembilan tahun masa jabatannya.

Namun, ini mungkin menjadi pertandingan kandang terakhirnya di Eropa setelah timnya kalah telak dari Atalanta yang bermain efektif. Para pemain dan staf Atalanta merayakan kemenangan di depan para suporter mereka yang bersorak sorai lama setelah peluit akhir.

Liverpool sebelumnya ingin melupakan kekecewaan di Old Trafford dan kehilangan dua poin dalam perburuan gelar juara.

Namun, mereka sekarang harus berjuang untuk bertahan di Eropa setelah tampil buruk - dan menelan kekalahan kandang pertama sejak tersingkir di babak 16 besar Liga Champions pada Februari 2023 ketika mereka dikalahkan Real Madrid 5-2.

Bahkan kembalinya Diogo Jota dari cedera setelah absen dua bulan tidak bisa menginspirasi The Reds, yang ingin membangun keunggulan nyaman sebelum bertandang ke Italia menghadapi tiga pertandingan Liga Premier tandang dalam waktu seminggu.

Mereka tidak pernah bisa bangkit dan harapan Klopp untuk mengakhiri masa jabatannya di Liverpool pada final Liga Europa di Dublin pada 22 Mei terlihat pupus.

"Sayangnya, tidak ada hal positif yang bisa dikatakan tentang pertandingan ini," kata Klopp kepada TNT Sports.

"Saya sudah tahu bahwa jika kami melakukan beberapa hal lebih baik, kami akan menjadi lebih baik. Bisakah kami bangkit? Ya, jika kami bermain bagus itu mungkin. Bisakah kami menang 3-0? Saya tidak tahu. Tapi ini terasa sangat buruk dan itu penting."

Komentar